Hubungan Pola Makan dan Kesehatan Jantung

Perubahan Gaya Hidup (PGH) atau Pola Makan.

Makanan sehat sangat membantu untuk proses penyembuhan dan bahkan dapat menghindarkan kita dari ancaman berbagai penyakit terutama penyakit Jantung. Pola gaya hidup sehat juga menentukan kesehatan orang, tidak hanya makanan tapi juga gaya hidup sehat.

Untuk memperbaiki tekanan darah tinggi dan hubungannya dengan kesehatan jantung, kami merekomendasikan pengaturan pola makan, jika Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Rencana PGH dan pola makan berfokus pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan lain yang rendah lemak, kolesterol, dan sodium.

PGH juga berfokus pada produk bebas lemak atau susu rendah lemak dan susu, ikan, unggas, dan kacang-kacangan. Pola makan mengurangi daging merah (termasuk daging merah tanpa lemak), permen, gula, dan minuman yang mengandung gula. Digantikan dengan makanan yang kaya nutrisi, protein, dan serat.

jantung sehatRencana PGH makan adalah rencana makan yang sehat yang baik, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki tekanan darah tinggi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mencari artikel “Panduan nutrisi untuk Menurunkan Tekanan Darah”
Aktif bergerak dan olahraga.

Aktivitas fisik rutin dapat menurunkan banyak faktor risiko PJK, termasuk LDL (“buruk”) kolesterol, tekanan darah tinggi, dan kelebihan berat badan.

Aktivitas fisik juga dapat menurunkan resiko diabetes dan meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. HDL adalah kolesterol “baik” yang membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Konsultasi ke PENNASIA sebelum Anda memulai rencana latihan baru. Tanyakan seberapa banyak dan apa jenis aktivitas fisik yang aman untuk Anda. Kami akan menyesuaikan dengan apa yang telah anda lakukan.

Orang mendapatkan manfaat kesehatan dari sesedikit 60 menit aktivitas olahraga beberapa kali dalam seminggu. Semakin aktif Anda, semakin Anda akan mendapatkan keuntungan.
Menjaga Berat Badan yang Sehat

Menjaga berat badan yang sehat dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Ukuran yang sederhana adalah tinngi badan anda dikurangi 100 atau 110. Memang ada cara lain, tetapi ukuran ini cukup praktis dan mudah diingat.
Misalnya tinggi anda 160 cm, maka berat ideal anda adalah 160-110= 50 dan 160-100=60. Jadi berat badan anda yang ideal adalah antara 50 s/d 60 kg. Di atas 60 kg merupakan kelebihan berat badan. Namun dalam hal ini ada toleransi untuk faktor usia.

Namun demikian, berat ideal ini tidak menjadi parameter bahwa anda sehat. Tetapi merupakan modal dasar untuk mencacapai tahap berikutnya. Berat badan ideal tanpa disertai pola makan yang baik, tetap akan terkena penyakit yang berbagai macam.
Untuk informasi lebih lanjut tentang menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat, silahkan kunjungi artikel kesehatan, kegemukan dan obesitas.

Sumber: Pennasia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *