Kanker

KANKER

Kanker adalah perkembangan lebih lanjut dari tumor yang mengganas. Tumor adalah pembesaran sebagian tubuh secara abnormal. Bagian yang membesar ini merupakan sel-sel yang terus membelah diri secara abnormal dan diluar kendali sehingga merusak bentuk normal tubuh itu sendiri. Bagian ini tidak berguna dan bahkan mengganggu.

Beberapa pasien tumor yang ke PENNASIA mengaku, mereka takut operasi. Sebab teman-teman yang operasi, kankernya tumbuh lagi. Bahkan mengalami metastase dan lebih ganas.

Pengobatan kanker di PENNASIA memang tidak bisa secepat menyembuhkan radang tenggorokan yang hanya 3-4 kali terapi. Tetapi pasien merasa lega, karena tumornya tidak sakit lagi dan tidak berkembang makin besar.

sel kanker

sel kanker

Tumor terdiri dari dua golongan,yakni tumor jinak dan tumor ganas yang disebut kanker. Tumor jinak ini tumbuh dalam jaringannya sendiri dan gangguan yang ditimbulkannya kebanyakan adalah masalah estetika dan penekanannya pada jaringan normal lain disekitarnya. Tumor jenis ini dapat diangkat dan relatif tidak menyebar kejaringan lainnya.

Tumor ganas tumbuh dengan melekatkan diri pada jaringan lain, mengganggu persediaan darah bagi jaringan normal dan mengadakan sekelompok kecil selnya yang memisahkan diri dari induk sel agar terbawa aliran darah atau kelenjar getah bening kebagian tubuh lainnya. Hal ini disebut proses metastastik.

Ada 4 kelompok besar kanker:

  1. Karsinoma: Adalah kelompok kanker terbesar yang berasal dari sel epitel yang menutupi seluruh permukaan pembuluh dan setiap rongga, serta membentuk sel-sel yang berfungsi dalam kelenjar tersebut.
  2. Adalah kanker yang tumbuh pada jaringan-jaringan penunjang tubuh. Didapati pada jaringan-jaringan berserat, tulang, pemuluh darah dan jaringan otot.
  3. Leukemia: Kanker jenis ini berkembang dalam jaringan dimana sel-sel darah dihasilkan, seperti tulang sumsum atau jaringan limfa.
  4. Lymphoma: Adalah kanker yang berkembang dari jaringan limfe.

Sedang faktor-faktor yang mempermudah serangan adalah: sel-sel tubuh, zat kimia, faktor biologis, dan faktor-faktor dalam hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *