Otot Kaki Terputar

OTOT KAKI TERPUTAR

Kasus kaki terputar ini juga tidak banyak yang tahu, termasuk cara penyembuhannya. Orang yang menderita sakit ini, biasanya wanita, merasakan kakinya, terutama bagian paha dan pinggang sangat sakit. Juga rasa kemeng di betis dan paha bagian belakang yang berkepanjangan. Setiap gerakan terasa menyiksa. Kondisi ini bisa menjadi awal dari HNP atau saraf terjepit pada pinggang.


otot kakiBerbagi pikiran buruk terlintas mengenai panyakitnya. Apakah sakitnya ini bisa sembuh merupakan pertanyaan hampir setiap penderita. Bahkan dosa, kesalahan dan guna-guna sering terlintas di pikiran mereka.

Penyebab sakit ini adalah dislokasi otot. Baik itu otot betis, paha, pantat maupun pinggang. Kebiasaan pijat, injak-injak kaki dan punggung merupakan awal malapetaka penderitaan ini. Beberapa pasien yang pulang dari opname di rumah sakit juga merasakan penderitaan ini, karena terlalu lama tiduran dan kurang gerak.

Kemungkinan lain adalah adanya urat terjepit / HNP di bagian pinggang yang tidak segera diatasi. Pada saat-saat berikutnya urat ini dapat menarik urat-urat sehat yang lain di bagian pantat dan kaki. Kondisi di atas dapat dipercepat atau diperparah oleh:

•    Pijat dan atau injak-injak kaki sampai punggung.
•    Pijat atau terapi penyembuhan yang bukan ahlinya.
•    Olahraga berat seperti bulu tangkis, tenis, golf atau olahraga lain yang menggerakkan tubuh dengan tiba-tiba tanpa pemanasan terlebih dahulu. Hentakan ini dapat mengakibatkan otot yang mengalami dislokasi makin merata.

Pengamatan saya, keluhan kaki yang keras dan kaku dan sakit pinggang/saraf terjepit sering menjadi pemicu dan penyebab. Artinya kaki bermasalah lalu menyebabkan HNP, dan atau HNP menyebabkan nyeri di kaki.

Listyani Surabaya.
Mengeluh pinggang dan kakinya sakit. Pemeriksaan PENNASIA menunjukkan adanya urat di bagian pinggang yang terjepit. Disamping itu otot pantat dan pahanya mengalami dislokasi sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Terapi pertama kali dapat meringankan keluhannya. Dengan tiga kali normalisasi, penderitaannya dapat disembuhkan.
Penderita lain ada yang perlu lebih dari tiga kali karena terlalu banyak upaya yang telah ditempuh, dan menjadikan masalah makin rumit.

Nur Aini. Surabaya.
Guru SMP ini mengalami sakit yang hampir sama. Seluruh tubuh terasa sakit, karena banyaknya gangguan otot. Untuk mengalihkan perhatian, beberapa putranya disuruh memukuli badan ketika sakitnya sedang kambuh.
Ibu ini memiliki ketahanan tubuh yang cukup baik. Sering diinjak putranya untuk menghilangkan penat dibagian kaki dengan berbagai posisi. Kadang dengan posisi tengkurap, telentang bahkan tak jarang dengan posisi miring. Dapat dibayangkan efek yang terjadi. Ketidaktahuan terkadang memang menimbulkan kesusahan.

Saraf, otot maupun daging akan bergeser kearah yang tidak menentu. Selang beberapa waktu sakit yang diderita akhirnya tak tertahankan. Usaha coba-coba menyembuhkan sendiri pernah mangakibatkan kaki menghitam.
PENNASIA mendeteksi dan menemukan otot dan saraf tadi banyak yang bergeser, meskipun bila dilihat mata awam bentuknya tidak mengalami perubahan. Keadaan ini mengakibatkan rasa sakit yang seakan-akan berasal dari tulang. Padahal tidak. Tulang tidak mengalami ‘sakit’. Normalisasi segera dilakukan untuk mengembalikan organ-organ  pada kondisi natural.

Foto ronsen pun tidak mampu mendeteksinya. Bahkan paramedis pun tega mengatakan ‘Anda tidak apa-apa’ meskipun dia tetap kesakitan. Kasus ibu ini memang sedikit lebih rumit, karena otot yang mengalami penyimpangan lebih luas. Hingga ke bagian kaki kanan dan kiri. Dengan beberpa kali perawatan, alhamdulillah sekarang tak pernah kambuh lagi.

Apa yang perlu dihindari agar tidak terkena kasus ini?
•    Sebelum olahraga, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Hindari olahraga yang asal main saja. Lakukan pelemasan setelahnya.
•    Hindari kebiasaan injak-injak punggung atau pijat asal-asalan, agar tidak terjadi dislokasi yang tidak sengaja.
•    Bila sedang opname di RS, upayakan posisi tidur yang enak dan tidak terputar. Jangan lupa ganti posisisecara berkala.

Apa yang sebaiknya dilakukan bila terlanjur terkena sakit ini?
•    Bila Anda tidak mempunyai ahli yang bisa diandalkan, hubungi PENNASIA.

Sumber: Buku “Hindari Ketergantungan Obat” Pennasia.

9 thoughts on “Otot Kaki Terputar

  1. Saya tinggal di Yogyakarta, saya juga merasakan sakit pinggang sebelah kiri sampai kaki. Kaki kiri terasa sakit jika diangkat keatas pada posisi tidur telentang. Jalan serasa pincang dan sering kehilangan keseimbangan sehingga kalau jalan selalu mau jatuh. Saya sdh periksa dokter, melakukan ronsen bahkan juga MRI, tp tidak terlihat penyebab dari semua keluhan saya. Saya tertarik dengan PENNASIA. Menurut PENNASIA apa diagnosa penyakit saya tsb, dan apa kira2 bisa sembuh dgn PENNASIA? Terimakasih jawabannya.

    Jwb:
    Sakit anda jenis HNP/ saraf terjepit, dan pemendekan otot pada kaki, sehingga terjadi tarikan pada otot2 kaki. Untuk perawatan, anda perlu 2 poin perawatan. Kira2 perlu 4-7 kali terapi. tks.

  2. Saya wanita umur 36 th dan sudah hampir 4 th saya dalam penderitaan susah jalan. bagaimana jika saya mau berobat ke PENNASIA? karena saya tinggal di Yogyakarta dan tidak ingin berobat jarak jauh. dan apakah ada garansi juga? Terimakasih.

    Jwb:
    Naik travel langsung ke alamat. Yg bergaransi hanya untuk jantung yg mau operasi by-pass atau pemasangan ring. Jadi parameternya jelas. sehingga sama2 jujur, tks.

  3. Assalamualaikum,
    Sy wanita usia 26th. Sy mengalami nyeri dipantat sebelah kanan. Hal itu sy alami semenjak sy hamil 5bln. Wkt kandungan sy hampir menginjak usia 8bln sy mengalami keguguran & hrs menjalani abortus total(sy opname 5hari). Setelah bayi sy berhasil dilahirkan dgn normal nyeri pantat sy msh terasa bahkan semakin tak tertahankan. Herannya kt dokter kandungan sy,nyeri pantat yg sy alami itu wajar. Tp knp sampai skrg msh skt pdhl sdh 2bln sejak sy menjalani abortus total. Setiap sy mau beranjak dr duduk/tidur rasa sakitnya tdk tertahankan. Sy bingung hrs berobat kmn. Sy jg sdh berupaya menyembuhkan dgn urut/pijit. Mohon bantuannya. Trimakasih.

    jwb:
    wwwab, Sakit yg tdk sgr hilang itu tidak normal. Itu kasus saraf or pembuluh darah yg terjepit. Perlu 3-4 kali terapi di Pennasia untuk menyembuhkannya. tks.
    Wassalamualaikum

  4. ass…saya pegawai swasta usia 24 tahun.
    saya sering sekali mengalami sakit pinggang sebelah. dari pinggang kanan, pantat kanan, paha dan kaki kanan. begitu jg sebaliknya. rasa nya nyeri sekali. untuk menghilangkan rasa sakit tsb sering saya kerik sendiri. terutama di paha, rasa nya lega sekali, sakit tsb hilang walaupun hanya utk beberapa waktu.
    mohon penjelasan dan bantuan nya. wass wr wb.

    jwb:
    Wwwab. Kemungkinan ada saraf terjepit di pinggang anda/HNP.
    Saraf terjepit bisa karena otot kaki yg terlalu kencang or salah posisi saat mengangkat barang.
    Apa pun penyebabnya, silakan ke Pennasia atau ahli yg lain.
    Jangan terlalu hemat untuk kesehatan anda. ngirit bs jd ngorot(boros dan berlarut-larut) lho..

  5. kenalkan sy nisa usia 27 tahun. Sy sering mengalami keram ditubuh bagian sebelah kiri mulai kepala sampai kaki. sy mau ke pennasia tp sy tinggal digorontala. Kira berapa kali pengobatan klu sy kesana.mksh

    jwb:
    Perlu 4-7 kali terapi. Untuk amannya, Nisa planning 1 minggu di Surabaya dengan tiket pesawat ‘open’ agar dpt plg sewaktu2. tq.

  6. Ass.salam kenal sy tingal dikaltim n sy tertarik dgn pennasia keluahan sy hampir sama awalnya pingang,pantat,paha dan kaki terasa skit stelah sy bekerja sy pikir kelelahan atau msalah biasa tp sampe 3 mingu g sembuh2 walau sdh k dokter n pijat ato urut tetp aja msh nyeri pernh ronsen tulang menyempit dan hrs sering2 priksa ato kontrol k dokter tolong penjelsan,saran n bantuanya. apakah terapi pennasia hanya ada di surabaya atau ada disetiap daerah trims.

    jwb:
    wwwab.
    Sptnya anda menderita HNP or saraf terjepit. Biasanya pusatnya pd L3-5 plus di sacrum. Perlu 4-7 kali terapi.
    Kalau paha dan kaki juga terlanjur bermasalah perlu diterapi juga.
    Silakan update/klik alamat Pennasia mungkin segera bertambah pd beberapa bulan lg. tks.

  7. dengan hormat, saya ingin berbagi pengalaman perihal sakit sekitar pinggul, paha, betis sampai ke sisi luar jari kelingking. 8, tahun yg lalu pertama saya merasakan sakit, tetapi sakit nya tdk seberapa, namun jika berdiri atau jalan 100 meter, saja maka pinggang terasa pegal, dan setelah ke dokter spesialis, dan sy mengikuti therapy, selama 16 bulan, termasuk bahagian belakang pinggul saya di sinar, setiap konsul ke dokter,
    tanpa terasa jika berjalan saya semakin membungkuk sebagai refleksi agar pegal tdk begitu terasa,
    tahun 2005, saya memutus kan utk fokus berobat sesuai anjuran kakak sepupu yaitu ke salah satu rumah sakit di pulau penang ,malaisia,, setelah melakukan berbagai pemeriksaan , dan hasil RMI , di simpulkan didapati penyempitan syaraf di tulang belakang antara no, 5 dan no 4. di anjurkan utk operasi, namun keluarga menyaran kan utk coba berobat alternativ.sebab ada resiko lumpuh jika operasi gagal, katanya,
    Tahun,2007.alhamdulillah. saya merasa sembuh dari penyakit tersebut, dengan cara berobat alternativ di kota jambi,
    pertengahan maret 2013, sakit tersebut kembali datang , dan sakit nya sangat terlalu serta di posisi duduk, baring, dan jalan juga ,saya hampir tak tahan, maksud mau ke pulau penang , agar cek lagi dan siap utk operasi jika memang itu yg di haruskan demi menghilangkan sakit yg mendera, tetapi niat tersebut batal, karena sehari sebelum berangkat saya bertemu dengan seseorang yg katanya sdh 2 kali operasi penyempitan syaraf tulang belakang, dia menyaran kan agar” SEBELUM BERANGKAT COBA BAPAK BERENANG HARI INI” sore hari itu saya langsung cari kolam dan langsung mengikuti saran teman yg tak sengaja ketemu tersebut,
    sekuat tenaga saya usaha berenang meski terasa sakit…. tapi malam hari nya sakit terasa berkurang,,,,, dengan kuat hati besok subuh nya saya coba berenang lagi,,sepuas nya,,,, dan memang semakin berkurang,,,,, sy putus kan utk batal berangkat ke penang, dan sampai saat ini sy sdh berenang 6 kali, alhamdulillah, sakit tersebut hilang,
    demikian pengalaman pribadi saya ini saya sampaikan semoga bermanfaat kepada teman teman yg mempunyai keluhan yg sama, semoga allah membrikan kesembuhan kepada kita, aamiin, tks

  8. Assalamualaikum, saya Nugraha 24thn, kira2 dua minggu lalu saya kecelakaan tbrakan dgn motor, terasa sakit pda kaki kiri ketika d rongstn tidak d temukan patah atau retak. Ketika opnam selama 5hari yg terasa hanya kaku nyeri d bagian antara lutut sampai pinggul kiri saya mengira mungkin dampak dri benturan. Setelah pulang beberapa hari d rmh mulai muncul gejalah aneh yaitu sakit seolah kejang d bagian paha terus seolah ada bafian paha yg bergeser itu sakit sekali tp tdk lama kembali lagi dan normal. Puncaknya kemarin pagi rasa itu muncul lg dan seolah ada yg begeser sakit dan tidak kembali justru bergerak berbeda sehingga makin sakit ketika coba saya pindah lokasi langsung bergeser lagi sakit sekali sampai ga berani jalan. Saking paniknya akhirnya org tua memangil tukang pijit katanya sangkal putung tp tidak banyak hasil. Mohon penjelasan dan solusinya, terimakasih.

    jwb:
    Anda benar bhw ada pergeseran otot dan saraf, dan biasanya memang tdk terlihat dg rongent. Silakan dtg. Biasanya kami prlu 3-4 kali trapi untuk sembuh. tq

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *