Alergi

ALERGI

Para peneliti berpendapat bahwa mereka yang alergi terhadap makanan tertentu akan menampakkan gejala-gejala yang tidak menyenangkan. Misalnya alergi terhadap buah arbei atau kerang akan menyebabkan kulit menjadi merah dan gatal.

Penyelidikan terhadap alergi makanan menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara alergi dan ketagihan. Makanan yang membuat tubuh bereaksi tidak menyenangkan, juga membuat tubuh berusaha menyesuaikan diri. Mula-mula denyut jantung dan pernapasan menjadi lebih cepat dan penderita menjadi tegang, berkeringat, pucat dan bahkan sakit.

Kedua, tubuh berusaha menanggulangi gejala-gejala tersebut, sehingga tercapai suatu daya tahan dan si penderita merasa lebih baik ketika gejala-gejalanya berkurang.

Ketiga, menyusul pada suatu titik tertentu fase keletihan, dimana makanan yang menyebabkan alergi dapat dimakan tanpa menimbulkan efek tidak menyenangkan pada orang tersebut.

Menurut para peneliti beragamnya reaksi alergi terhadap berbagai jenis makanan mungkin ada hubungannya dengan faktor keturunan. Kebanyakan orang mengira bahwa alergi yang menimbulkan reaksi seperti batuk, pilek, bersin, mengeluarkan air mata disebabkan oleh karena alergen (zat penyebab alergi) yang terhirup, misalnya dari bulu binatang atau serbuk rumput.

Pada sementara orang, reaksi alergi timbul pada kulit: kulit menjadi merah, gatal dan berbintil-bintil, juga terjadi pembengkakan di sekitar mata atau bibir. Pada kebanyakan orang, reaksi alergi berpusat pada saluran pencernaan yang kemudian menimbulkan rasa mual, muntah dan diare.

Reaksi yang lebih sering dijumpai adalah yang berpusat pada selaput lendir saluran pernapasan atas yang menimbulkan pembengkakan, sehingga pipa pernapasan tersumbat (sukar bernapas hingga mengeluarkan bunyi) serta keluar banyak ingus dari hidung. Keadaan ini yang kemudian sering menyebabkan pilek dan batuk beriak.

Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang yang alergi terhadap kerang sukar bernapas dan saat dia bernafas akan mengeluarkan bunyi, sedangkan orang yang alergi udang dapat membuat daerah sekitar mulutnya menjadi bengkak.

Pennasia mengatasi alergi ini dengan cepat. Lihat di testimoni halaman depan www.SembuhAlami.com

Menyembuhkan sakit alergi makanan Nn. Maya

2 thoughts on “Alergi

  1. Dokter, saya sering bersin-bersin bila banyak asap, debu, dan cuaca dingin.
    Bila makan ikan yang kurang segar, dalam mulut saya terasa gatal-gatal.
    Perlu berapa kali terapi di Pennasia, Dok? Dan apakah Pennasia yang di Jakarta sama kualitasnya dengan yang di Surabaya? terima kasih untuk jawabannya.

    jwb:
    Alergi bersin2 biasanya 3-7 kali sdh sembuh.
    Yg di Jkt murid sy, tp sdh pandai. tq

  2. Dok, Ibu saya menderita alergi gatal-gatal (biduren) selama 3 bulan. Analisis dokter RS katanya alergi putih telur. Ibu saya sdh menghindari makanan2 yg mengandung putih telur dan mengkonsumsi obat dr dokter RS namanya Loratadine 10mg dan Cetirizine 10mg. Tp sampe skrg masih kumat terus.
    Kalo terapi bisa brp kali dok? Lokasi di malang nih dok, paling dekat ke surabaya ya? Apa masih bs sembuh ya dok?
    Terima kasih sebelumnya.

    jwb:
    Biasanya sembuh dg 3-7 kali terapi. Ya hrs ke Sby. tq

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *