Nyeri Haid

GANGGUAN MENSTRUASI (HAID)

 

MestruasiĀ  merupakan salah satu ciri, bahwa seorang wanita memasuki masa kedewasaannya. Nyeri haid kadang muncul sejak awal. Pada awal masa pubertas ini akan disusul dengan tanda-tanda lain, pada daerah dada dan pubisnya. Nyeri haid dapat disembuhkan dengan 3-7 kali terapi dan biasanya tidak kambuh lagi.

Selain pendarahan, tanda-tanda dan gejala menstruasi lainnya mungkin termasuk sakit kepala, jerawat, kembung, nyeri di perut bagian bawah, kelelahan, perubahan suasana hati, mengidam makanan, nyeri di bagian payudara, dan diare.

Meski tidak mutlak, nyeri haid bisa juga menjadi pertanda ketidaksuburan seorang wanita. Karena bisa merupakan indikasi adanya perlekatan yang akan mengganggu proses kehamilan, maupun peradangan.

Pada wanita dewasa, keluarnya darah selama masa haid bisa berarti bahwa darah tersebut tidak digunakan pada satu bulan sebelumnya, dan tidak lagi dalam komposisi prima untuk calon bayi. Bila tidak dikeluarkan dari tubuh akan memberikan makanan yang tidak optimal (adza/kotor?).

Hubungan seks masa menstruasi dilarang oleh Islam. Hal ini secara medis membahayakan wanita, karena rahim sedang lemah, dan dinding rahim mudah infeksi.

Menstruasi disebabkan oleh pengurangan mendapatkan estrogen (fase pertama) dan progesteron (fase kedua) pada siklus haid ovarium. Selama menstruasi normal, sekitar 35 ml darah dan 35 ml cairan serosa hilang.

Cairan menstruasi ini dalam keadaan normal tidak membeku, karena fibrinolisin dikeluarkan bersama endometrium yang nekrotik. Dalam tiga sampai tujuh hari setelah menstruasi mulai, perdarahan berhenti karena pada saat ini endometrium sudah mengalami epetelisasi penuh.

Siklus haid yang dikontrol oleh hormon estrogen dan progesteron yang dihasilkan oleh indung telur itulah yang mempengaruhi perbedaan siklus haid pada setiap wanita, sehingga masa haid masing-masing wanita tidak sama. Kedua hormon ini bekerja sama dengan hormon-hormon lain seperti yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid, hipofosis, anak ginjal dll.

Seorang wanita harus mengalami siklus haid. Siklus haid wanita dikatakan terjadi setiap 28 hari dan ovulasi terjadi pada hari ke-14. Tetapi ada juga wanita yang siklus haidnya 33 hari. Pada dasarnya wanita memang mempunyai siklus haid yang satu dengan lainnya tidak sama. Bukan berarti tidak teratur.

Gangguan pada fungsi hormon-hormon yang disebutkan di atas, umumnya mempengaruhi fungsi estrogen dan progesteron. Itulah sebabnya wanita yang menderita hipertiroid (kelenjar tiroidnya memproduksiĀ  hormon yang berlebihan), siklus haidnya menjadi jarang atau bahkan berhenti sama sekali.

Nyeri haid bukan suatu yang dapat diabaikan. Ini bisa pertanda gangguan rahim ringan hingga berat. Paling tidak, siksaan ini bukan pemberian Tuhan atau memang harus begitu bila haid. Menurut PENNASIA nyeri haid disebabkan adanya perlekatan ligament penyangga rahim.

Pemberian obat hanya menghilangkan rasa beberapa saat, dikarenakan obat tidak dapat melepaskan perlekatan tersebut. Kerja obat lebih banyak menghilangkan rasa sakitnya. Tidak disarankan menggunakan obat ini terus menerus dan harus dihilangkan penyebab utamanya.

Nyeri haid dapat disembuhkan dengan cepat dan efektif di Pennasia. Pengobatan, jamu dan herbal untuk nyeri haid perlu waktu lama dan mengakibatkan ketergantungan.

Menyembuhkan alergi udara, alergi air, gatal-gatal, dan nyeri haid

Sumber: Normalisasi PENNASIA
www.SembuhAlami.com

One thought on “Nyeri Haid

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *