Pengobatan Sakit Gondok

Sakit Kelenjar Tiroid

Sakit Gondok merupakan pembengkakan kelenjar tiroid pada pangkal leher yang tampak seperti sepasang kantung terbalik yang terhubung dengan sebuah jembatan sempit didepan leher.

Kelenjar tiroid mempunyai tugas yang sangat kompleks, yaitu mengatur tingkat pembakaran dalam tubuh. Sebagaimana semua kelenjar endokrin, kelenjar tiroid bekerjasama dengan kelenjar-kelenjar lain, sehingga gangguan pada fungsinya dapat berakibat bermacam-macam. Misalnya, bila kelenjar ini terlalu aktif, denyut jantung menjadi lebih cepat sehingga penderita akan sesak nafas, resah dan mudah marah. Nafsu makan meningkat karena penderita selalu merasa lapar, tetapi berat badan berkurang dan penderita menjadi kurus. Haid terganggu dan kehamilan menjadi sulit terjadi (penderita gangguan kelenjar tiroid kebanyakan wanita).

Kelenjar tiroid yang kurang aktif mengakibatkan penderitanya menjadi gemuk dan lamban. Penderita selalu merasa kedinginan, makan sedikit tetapi tubuhnya tetap besar. Rambut menipis dan kasar, alis cenderung rontok, kulit kering, muka busung, serta suara menjadi serak serta dalam. Keadaan seperti ini disebut miksedema.

Bayi yang dilahirkan dengan tiroid yang kurang aktif, dapat menjadi cacat mental dan gerakannya menjadi lamban. Keadaan ini disebut kretinisme dan dapat dibantu dengan memberikan hormon yang diperlukan sepanjang hidupnya.
Akan tetapi adanya pembesaran gondok tidak selalu berarti ada penyakit dalam kelenjar tiroid. Gondok bengkak dapat diakibatkan oleh berbagai sebab dan tidak menimbulkan gejala sama sekali.
Misalnya, jenis gondok fisiologis. Ini sering terjadi pada usia remaja dan kadang-kadang pada wanita hamil atau yang sedang mengalami menopause (hubungan antara hormon tiroid dengan indung telur disini jelas sekali). Pembengkakan gondok seperti ini tidak menimbulkan masalah kecuali jika semakin membesar (dapat diobati dengan hormon tiroksin).

Menyembuhkan Kelenjar Thyroid Ny. Rahmadiyah

Ada juga jenis gondok yang sering muncul pada pria maupun wanita. Bentuknya tidak seperti gondok biasa dan ini dikarenakan kekurangan yodium. Yodium merupakan bagian yang penting dari fungsi kelenjar dan merupakan unsur utama dari hormon tiroksin. Bila kekurangan yodium, kelenjar akan membesar, berusaha untuk mengimbangi dan memproduksi lebih banyak hormon.
Dewasa ini yodium dicampurkan dalam garam dapur disebagian besar negara di dunia sehingga jenis gondok tersebut semakin berkurang.

Jadi satu-satunya jenis gondok yang membuat penderitanya semakin kurus adalah yang disebabkan oleh kelerjar tiroid yang terlalu aktif, disebut gondok beracun. Gondok ini kadang-kadang dapat diobati dengan obat-obat seperti tiourasil atau imidasol atau kalium perklorat, atau dapat juga dengan pemberian isotop radio aktif yodium. Yang mempunyai efek menghancurkan jaringan-jaringan yang berlebih. Tetapi pengobatan yang paling efektif adalah dengan tindakan operasi.
Ada juga jenis gondok lain yang tidak memerlukan pengobatan sama sekali selama tidak membesar dan terasa mengganggu.

Sumber: Pennasia
www.SembuhAlami.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *