Sinusitis

Gejala dan Sebab Sinusitis

Sinusitis adalah suatu penyakit atau sakit peradangan pada rongga sinus yang berakibat adanya cairan yang mengisi rongga di bagian pipi dan dahi, diatas dan dibawah mata.

Rongga ini seharusnya tidak terisi dengan cairan, sehingga kepala tidak terasa berat, hidung menjadi longgar dan nafas tidak berbau tidak sedap. Tetapi, jika terisi, rongga harus segera kosong, bahkan cairan mungkin saja tidak dapat keluar dan akhirnya berbau tidak nyaman.

Sinusitis bisa juga disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur, sehingga infeksi terjadi pada system pernafasan. Berkaitan dengan proses infeksi, semua saluran pernafaan dengan perluasan anatominya harus dianggap satu kesatuan. Awalnya, infeksi menyerang semua system pernafasan dengan tingkat yang berbeda-beda. Perubahan penyakit dan kondisi klinis yang muncul bergantung pada infeksi bagian-bagian tertentu,sehingga inilah yang menyebabkan sinusitis

Ada beberapa sinusitis yang biasanya dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Jika rongga di bagian dahi terisi dengan cairan, ini termasuk sinus frontalis. Dan didalam kasus ini dahi biasanya terasa berat atau nyeri khas di kepala. Sebaliknya, bila rongga di bagian pipi terisis dengan cairan, ini sebagai sinus maksilaris. Dalam kondisi ini, bagian yang dekat mata umumnya terasa berat. Kedua-duanya juga membuat kepala seseorang terasa berat ketika is menundukkan kepala.

Sinus frontalis seringkali terjadi pada orang dewasa. Nyeri diatas alis biasanya di pagi hari dan memburuk di siang hari, tetapi mereda di waktu petang. Pembengkakkan mungkin juga terjadi pada dahi dan rasanya nyeri ketika sedang disentuh. Sinus ini berkembang dari sel-sel udara etmoidalis anterior dan saluran hidung frontalis berjalan mendekati sel-sel tersebut.

Sinus maksilaris seringkali terjadi pada anak-anak, bahkan bisa saja terbentuk sejak lahir. Mereka biasanya merasa demam, pusing, kurang enak badan, nyeri pada gigi dan pipi, termasuk wajah mereka terasa tebal dan hidung merekapun menjadi alergi. Mereka juga umumnya mengalami infeksi virus, alergi pada saluran pernapasan atas, radang tenggorokan dan batuk pada waktu malam. Namun demikian, nampaknya mereka tidak sedang terganggu dengan nyeri biasa ataupun nyeri tekan.

Menurut pandangan PENNASIA, cairan keluar dari rongga secara alami melalui hidung, keringat ataupun air seni selama tubuh sendiri yang dapat mengaturnya tanpa dipaksa. Dalam hal ini, saluran cairan tidak tersumbat dan endapan menjadi hilang.

Untuk pencegahan, seseorang sebaiknya tidak menggosok hidung manakala ia sakit flu atau menghindari memijat pelipis, alis ataupun pipi dengan ceroboh, sehingga ia tidak mendapatkan dampak buruknya. Sekarang kalau anda sudah terlajur sakit sinus anda dapat menyembuhkan anda sendiri atau keluarga anda.

Sumber: Pennasia
www.SembuhAlami.com

This entry was posted in Sinusitis. Bookmark the permalink.

111 Responses to Sinusitis

  1. fransiska says:

    Mau tny, apa benar sinus bisa disembuhkan total? Tdk akan kambuh lagi? Krn setau saya sinus timbul krn pd dasarnya org itu ªdª bakat alergi. Kalo di pennasia bisa totaly sembuh,berarti alerginya jg sembuh? Soalnya ank sy dua2nya kena sinus nih. Umur 8thn n 3thn. Apa bisa di terapi? Brp x dtg smp benar2 sembuh tdk akan kambuh laGi? Setelah itu apa tetap hrs ªdª terapi kontrol? Sy ªdª di jkt. Mohon jawaban nya yª… Oiya, klo sama suka batuk pilek, itu dihitung tetap per kali dtg biayanya, atau dihitung lain kasus ama sinus? Jd hrs byr 2kasus atau tetap 1kasus ( 100rb atau 200rb per kali dtg nya?).

    jwb:
    Sinus bisa sembuh, dan bisa kambuh. Sebaiknya perlu kontrol. Kalau satu lokasi dihitung satu. Pengalaman sy selama 17 th alergi debu dan sinusitis sembuh bisa disembuhkan. Sy bertemu eks pasien, katanya 7 th ini alerginya tidak kambuh. Sebagian pasien memang kadang kambuh. Karena ibu putranya sakit lebih baik ikut panduan menyembuhkan saja.

  2. meru says:

    mau tanya, saya 21thn di jakarta, sesekali dri hdung saya tuh kluar cairan bening sperti air tapi ga berbau stiap kali shabis sujud..
    n kadang sperti lem bening tdak berbau juga..
    n kadang juga sperti pwangi ruangan nyemprotin bau ga sedap tiba2 gtuh dari hdung sbelah kiri, n kalo jari dmasukkan ke hdung yg sdang berbau itu, bau djari ga ilang2..
    saya punya amandel yg dah btaun2 n asma n kepala saya pernah terbentur cukup keras di kpala blakang n bbrpa kali di kpala bagian kiri..apa itu bpengaruh..?? trima kasih jawabannya..

    jwb:
    Wah, pertanyaannya banyak. Silakan dtg unt terapi or belajar untuk keluarga. Hanya 5 hari.
    Benturan di belakang kepala bisa berpengaruh juga. Yg perlu diterapi amandel, sinus, asma. tks.

  3. Eka says:

    siang..saya mau tanya…umur saya 24 tahun…blakangan ini saya merasa muka disebelah kanan saya terasa tebal. tapi tebalnya tidak teralalu terasa. tebalnya disekitar bawah mata dan pipi. apakah ada kemungkinan sinus? saya dulu memang alergi dingin dan debu, setiap pagi biasa bersin-bersin. tapi sekarang sudah tidak pernah alergi lagi.
    apakah saya terkena sinus? thanks

    jwb:
    Perkiraan anda mungkin benar.
    Tetapi mungkin juga itu gangguan saraf wajah/tepi. Bs disebabkan sering kena dingin atau AC yang mengarah terus ke bagian itu. Hindarilah kondisi itu.
    Silakan dtg untuk terapi or belajar. tks.

    • aness ana says:

      saya aness,,, usia 31thn mengalami pembengkakan pada tulang pipi di bawah mata…..apa nama penyakit yg saya derita… dan gimana cara mengatasi dn mengobatinya… tks.

      jwb:
      Mungkin itu jenis lebam tulang. Sgr ke Pennasia terdekat. untuk bahan alami, silakan diberi ramuan asam tua (kawak) dicampur garam kasar dengan sedikit air, lalu ditempelkan ke lokasi lebam. tq

  4. gatot says:

    Untuk pengobatan di Kota Probolinggo alamatnya dimana?, no telp ? Terima kasih.

    jwb:
    Probolinggo blm ada. Ke Sby aja. Yg samarinda juga ke Sby.
    Kalau belajar, anda blh praktek di Probolinggo.

  5. Eka says:

    Selamat malam dokter,
    Hidung saya sering buntu kiri dn kanan… Kadang kiri kadang kanan gt.. Kemaren pernah periksa ke THT kata dokter’y alergi gt dok.. Apa bnr dok? Giman biar bisa sembuh… Terima kasih

  6. Sandy says:

    Dok.. Hidung saya sering tersumbat. Kiri – kanan. . . Ganti” gitu dok..
    Kadang ngk am skli.. Klo tersumbat psti slh satu.. kiri ataw kanan gt..
    Ini penyakit apa ya dok..Kemaren pernah ke THT sich.
    Tapi kata dokter cuma alergi aja.. Kalau alergi apa bisa di sembuhkan dok… Mohon beri info’y
    THANK’s.

    jwb:
    Sepertinya itu alergi dan sinus. Bisa sembuh. Silakan ke alamat Pennasia.

  7. Sandy says:

    Dok jakarta ada Praktek gak…
    Yang paling dekat jakarta dekat mana ya…
    Terima kasih

  8. juli anto says:

    dok klo hidung terasa mampet sebelah kanan kiri dan kuping saya terasa seperti berbunyi..gmeredek dan sakit apakah itu di karnakan sinusitis dok…gmana cra menyembuh kan nya doc..mhn bantuan nya….

    jwb:
    Kemungkinan memang krn sinusitis.
    Silakan ke Pennasia or ke dokter.

  9. Sandra says:

    Dok saya mau tanya…
    Hidung saya dalamnya bengakak gitu..
    Gak pilek cm kadang” ada keluar cairan bening gitu… Kadang” bengkak kanan kadang kiri… kadang” jg gk sama sekali pun gitu dok..
    Ini penyakit apa ya… Apa bisa di sembuhkan dok.. Terima kasih

    jwb:
    Itu pembengkakan kelenjar. Biasanya bisa sembuh. tks.

  10. beth says:

    saya mengalami gejala sinusitis, seperti hidung tersumbat, nyeri gigi, pipi dan kepala tapi hanya pada sebelah kanan. apakah itu termasuk sinusitis?

    jwb:
    Ya. Sinus juga bisa mengenai sebelah saja.

  11. Yoko says:

    Dokter…
    Pengen tanya nich, hidung aku sering trsumbat udah 4 bln.. Kiri kanan ganti” gitu.. Tapi sekarag udah agak mending ngk trlalu tersumbat lagi.. Karna udah minum obat vitamin dr THT…
    Aku mau tanya kenapa jari msk ke dlm hidung bau amis ya… ? Udah 1 thn lbh sich.. Cuma gt” aja..ada cairan bening sich.. Tapi gak bau.. Kemaren dokter THT suruh foto.. Trs hasil ft sinus masih cerah..
    Ini bahaya gak dokter.. Terima kasih atas info’y.

    jwb:
    Foto cerah mungkin krn cairannya bening. Gak bahaya, tp mengganggu. tks.

  12. Andy says:

    Dok, Hidung aku sering bersin-bersin ud stngh thn
    ..Tidak bau.. Ini kenapa ya dok..terima kasih.

    jwb:
    Ajergi debu/dingin/pernafasan.

  13. farida says:

    dok, mengpa yaa ingus sy bauny tdk enk. Pada saat mkn mknn yg brbumbu bawang, ingus sy smkin tidk sdap bauny Bagaimana solusinya………….

    jwb:
    Memang ada beberapa makanan, yg berefek khas pada cairan yg terbentuk di berbagai organ.
    Yg penting sinus/kasus hidung anda disembuhkan. tks.

  14. Abd Rahim says:

    dok nanya nih baru 2 hari saya kena flu demam dan sakit gigi setelah makan obat parasetomol sakit gigi dan demam hilang yg masalah nya ingus yg keluar berbau tdk sedap.. apakah saya terkena penyakit sinus n solusi nya apa dok. tks

    jwb:
    Ya. Sinusitis. Jaga stamina dan hindari renang. Silakan ke Pennasia agar tuntas. tq.

  15. caca says:

    Dok,saya udah hampir setengah tahun ini hidung nya sering buntu dok jadi nya saya bergantung bgt sama tetes hidung. Nah,bulan lalu saya ke tht tapi ternyata dokternya bilang kudu endoskopi buat liat amandel yang di atas rahang,ternyata ga ada tapi malahan ada nya kayak cairan lengket putih kayak degan gitu akhirnya di sedot tapi sampai sekarang juga masih buntu lagi. Budhe saya sih bilang nya saya sinus tapi gatau lagi karena di tht dia nggak bilang gitu,malah konsen ke amandel kiri saya yang bengkak nya udah maksimum dan nggak bisa mengecil lagi.. Terus gimana ya dok? Sepertinya saya harus mampir kesana hehe :)

    jwb:
    Ya memang hrs diterapi oleh ahlinya. Smg cpt mampir n sembuh. tq.

  16. Aem says:

    Dok, ibu saya sepertinya mengidap sinus. jika untuk sujud kepalanya terasa berat dan sakit dan juga hidungnya keluar lendir yang bau. apa solusi sembuh alaminya ya dok? terimakasih.

    jwb:
    Solusinya terapi ke Pennasia terdekat. Tanpa obat maupun jamu. tq.

  17. marito says:

    salam Dokter..
    saya sering mengalami bersin2 di pagi hari dan sehabis mandi pagi dan sore hari. Kalo sedang bersih – bersih rumah, juga sering mengalami bersin – bersin, bahkan sampe 5 – 6 kali bersin -bersin. Apakah sinus saya ini sudah akut dokter ?
    untuk Jambi udah ada ga ya dok?saya mau terapi juga ni.

    jwb:
    Yg bersin2 itu alergi. Sdh tingkat sedang. Maaf, Jambi blm ada. Tq.

  18. diah says:

    salam dokter,,
    gini dok,,anak saya umur 6th,,pada 1/2 tahun yg lalu pernah mengalami pembengkakan disekitar pipi,bawah mata,hingga mata sampai ga kelihatan,,trus dia opname,,mulanya saya bingung itu penyakit apa,,dan dokter drmh skit itu juga tdk menjelaskan apa penyakitnya,,sampai dironsen hidungnya sampai bengkok…sampai sekarang pun wajah jadi lucu akibat efek pembengkakan dulu,,trus disekitar pipi dekat hidung juga agak menebal,,apakah anak saya kena sinusitis ato bukan ya dok???terus bisa sembuh ga dgn cara diterapi??kebetulan saya tinggal disemarang apakah ada alamat praktek di semarang utk pengobatannya,,trima kasih.

    jwb:
    Itu peradangan dan pembengkaan yg blm pulih. Silakan ke alamat terdekat. Ada Solo dan Jogja. tks

  19. Dian Astriani says:

    Dok, saya mau tanya. Adik saya 22 tahun, mengalami gejalan pening sebelah dan lubang hidung sebelah mengeluarkan cairan ( lendir). Sudah ke THT katanya Polip. Dan di semprot hidungnya dan diberi resep. Belakangan lendir yang keluar tidak berhenti juga. Apakah itu bagian dari tanda-tanda sinus Dok. Terima kasih

    jwb:
    Itu bs sinus dan alergi. Obat2an biasanya memang tidak efektif. Silakan ke alamat Pennasia terdekat. tks.

  20. wahyu inggar fipiana says:

    anak saya habis jatuh terbentur kepalanya ke lantai, mungkin yg kena lantai pipi dan mata kanan karena jadi bengkak pipi dan mata kanan, hasil ct scan kepala :
    1) tak tampak kelainan pada parenchym otak
    2) tak tampak hematoma/ SOL/infark
    3)sinusitis maxilaris kanan
    yang saya tanyakan yang no.3 itu apa karena benturan? bisa sembuh sendiri gak? setelah jatuh anak saya lupa beberapa kejadian sesaat setelah jatuh ,dia bingung, sedikit linglung tapi memori lama masih ingat sebagian2 aja yg dia lupa

    jwb:
    Yg no 3 bisa karena kasus tersendiri, tp bs juga krn efek benturan baru (perlu wawancara lbh detail). Bisa sembuh dg bantuan kami or dokter.
    Lupa sebagian karena kecelakaan perlu bantuan terapi Pennasia. tks.

  21. nummi says:

    Dok dlu sy sring mimisan trus bersin” dr dokter tp katanya alergi dingin krn tgl d bdg.. trus skrg awalnya skt tenggorokan, kemudian mulai flu dan telinga berdengung, besoknya lagi mala memerah,besoknya lg telinga sdh tersumbat… kata dokter ini sdh parah dan tulang hidung sy sudah miring.. itu harus operasi yh dok??

    jwb:
    Tulang miring itu sudah biasa dan tidak harus operasi.
    Di Pennasia sakit2 spt itu bisa disembuhkan dengan cepat (3-7 kali datang) dan tidak harus operasi. tks.

  22. dewi says:

    Dok umur saya 35 dan hari selasa kemarin saya operasi pencabutan gigi sebyk 8 buah…skrg jahitan blm dibuka krn blm seminggu tapi knp kalau saya mengeluarkan riak selalau bercampur darah ya?? Kalau ludah tidak ada darah…apa ini msh efek samping sehabis operasi???

    jwb:
    ck..ck..ck… sayang tidak dg Pennasia dulu. Siapa tahu giginya bs diselamatkan.
    Mungkin itu luka bagian dalam yg blm sembuh, dan darahnya keluar dari atas. tq.

  23. yuda says:

    dok saya mau tanya sudah lima hari saya flu ,bagian pipi saya agak tertekan ,sakit kepala juga !!

    jwb:
    Spt gejala awal sinusitis. Smg cpt sembuh. tq.

  24. Detia says:

    kata dokter saya terkena sinusitis maxilaris bilateral. apakah ada obat alami nya? yg berasal dari alam dok.

    jwb:
    Cobalah daun sirih. Bisa direbus dan airnya untuk membersihkan hidung secara berkala. Atau daun sirih diremas2, lalu aromanya dihisap melalui hidung secara berkala.
    Tetapi lebih cepat kalau anda terapi ke Pennasia terdekat. Tq.

  25. Firza Alf says:

    Untuk pennasia di daerah Jakarta, dimana saja ya? Terima kasih.

    jwb:
    Silakan KLIK DISINI. Tq

  26. REYNALDI says:

    Dok mama saya sudah 7 bulan ini hidungnya tidak enak, katanya berasa plong, mata sebelah kiri bagian bwahnya jga tdk enak ktanya kya ada yg ganjel ato ada angin yg keluar. awalnya dia sakit gigi, giginya memang sudah membusuk, tpi sudah dicabut. setelah itu kuping,hidung malah tidak enak, trs sudah prg ke beberapa dokter THT,gigi dan bedah mulut, kta THT si tidak apa2, hanya ada cairan disebelah kiri dan kanan hidungnya, tpi ada dokter gigi bilang ada nanah sudah seperti keju di gusi bekas gigi yg busuk,tpi ada jga dkter bedah mulut yg blg tidak, cuma hrus operasi menyedot nanah yg ada di sebelah kiri kanan hidung,karena mama saya sma skali tdk prnh pilek 7 bulan ini,otomatis cairan nya jg ga kluar dong ya -__-” sudah 17 kali ke dokter tpi jwaban nya berbeda2, tolong jawab ya dok. kasian sudah 7 bulan skt jdi stres mama saya -__-”

    jwb:
    Kalau di Pennasia itu kira2 3-7 kali terapi sdh sembuh. Sptx ada peradangan dan udara yg masuk ketika terjadi pencabutan gigi. Kalau ada bau busuk berarti ada nanah, kalau tidak, ya bkn nanah. Silakan dtg saja.

    • itha says:

      Saya itha…hidung kiri sya kluar lendir tak sedap, klo d sentuh jd lengket gt…trus klo sujud bola mata terasa sakit, kepala pun jd sakit jg…itu knp sih?

      jwb:
      Lendir itu produk sinusitis. Sinusitis juga mengakibatkan tekanan di sekitarnya naik. Bisa area pipi, mata, dan dahi. tq

  27. tika says:

    dok tika sudah pilek menahun -+10 tahun,kadang ingus saya berbau kalau saya makanya ga dijaga,dan makin kesini dada saya sakit,pernafasan saya amat terganggu,kepala pusing bahkan kadang pandangan saya kabur seketika,pengobatan apa yang saya perlukan ?

    jwb:
    Terapi ke Pennasia untuk paru2 dan hidung/sinus. Penyumbatan di kepala atau darah rendah mengakibatkan pusing2 juga. tq

  28. tika says:

    tiap tercium asap rokok d sekitar hidung saya langsung tersumbat,dan pas keluar udara di hidung ko rasanya bau asap rokok,apakah saya d termaSuk alergi ? terima kasih

    jwb:
    Ya btl alergi asap rokok. tq

  29. berry herlambang says:

    dok, kalau bersin suka keluar bau menyengat serta keluar dahak, apalagi kalau saya merokok dahak lebih banyak lagi, penyakit apa ini. kapan panasia buka di jawa barat atau di bdg, cirebon. saya tunggu, kita bisa kerja sama . tks.

    jwb:
    Sepertinya hidung dan atau tenggorokan anda ada lendir lama (maaf, busuk) yg tdk bs keluar. Sehingga aroma itulah yg keluar ketika anda bersin. Sakit jenis sinusitis or tenggorokan berlendir.
    Jabar blm ada. Kalau anda mempunyai komunitas dg banyak anggota, atau pandai marketing, kerja-sama bs dilakukan. Tq
    Silakan email ke support@sembuhalami.com

  30. Nova says:

    Dok saya sering sakit kepala hebat tidak sembuh2 dan setelah ada hasil MRI saya divonis sinusitis cronis maxilaris kanan dan spenoidalis, ada maaq, dan belakang ini aritma jantung jd tidak beraturan kadang melambat, sakit seluruh kepala, tengkuk leher, punggung sampai pinggul, saya sudah bingung dan sudah habis2an untuk berobat, apakah keluhan saya bisa disembuhkan? dokter suruh operasi hidungnya namun saat ini saya sedang coba konsumsi herbal saja. terima kasih atas jawabannya.

    jwb:
    Saya ikut prihatin atas penderitaan anda. Semua sakit yg anda derita, masing2 biasanya sembuh antara 3-7 kali terapi, tanpa operasi.
    Terlalu banyak obat bisa menjadikan sakit semakin banyak dan penderitaan yg membingungkan. Hal ini disebabkan bahan kimia/obat yang bermacam2 yg berkeliling diseluruh tubuh anda.
    Herbal juga baik, tapi jauh lebih cepat sembuh ke Pennasia. tq

    • nova says:

      terima kasih atas jawabannya, saya dijakarta, sy hrs datang kemana? apakah ada nomor telp yang bisa saya hubungi? terima kasih

  31. hevana says:

    dok usia saya 30 thn.awalnya sy flu sudah 3 minggu blm jg smbh.wkt itu hidung sy yg mengeluarkan ingus hny sblh kanan saja.yg sblh kiri tdk.skrg telinga sblh kiri sy jd berdengung.pipi kanan dan kiri sy nyeri.kepala jd pusing.dan sdh cek ke THT positif sinus.apakah sy bs sembuh tnp mengkonsumsi obat2an.mhn jwbn nya dok.

    jwb:
    Kalau mengeluarkan ingus jgn dipaksa, krn bs meluas sakitnya.
    Ya, anda bs sembuh tanpa obat di Pennasia. tq

  32. SUGIARTI says:

    dokter umur saya 36 tahun,saya mengalami keluhan di hidung sejak tahun 2008 sampai sekarang,makin lama hidung saya mampet n berbau,bibir sayapun kering n lengket,mata juga seperti lengket n skrng mata saya seperti ada bayang2 hitam berterbangan,apakah itu pengaruh dari penyakit hidung yg saya alami dokter,skrgn saya lagi berobat ke dokter tht sdh 2 minggu tapi tidak ada perubahan,kata dokter tht bilang saya menderita sinusitis tingkat sedang,dikasih obat utk minum sampai 2 mgg,kalau tidak ada perubahan juga harus di operasi,karena setau saya kalau di operasi pasti akan kambuh lagi.terimakasih dokter atas jawabannya.

    jwb:
    Hidung sinusitis. Mata kotor pd cairannya dan perlu terapi, biasanya tdk berhubungan dg sinus (meskipun sama2 ada kotoran).
    Di Pennasia sembuhnya lebih permanen. tq

    • SUGIARTI says:

      di dalam tenggorokan sebelah kiri seperti lendir yg keluar yg tiap hari harus saya keluarkan,kalau tidak di keluarkan rasanya tidak enak ke badan,yg saya khawatirkan apakan lendir itu kalau tertelan bisa mempengaruhi asi saya,krn saya sekarang masih menyusui bayi
      ,apakah asi yang saya produksi bisa terkena bakteri dari penyakit sinusitis yang saya alami dokter…..terima kasih atas jawabannya.

  33. nitha says:

    Siang ..
    Saya nitha, umur saya 24thn. Kemarin (16.04.13) saya cek ke Dokter Spesialis THT trus kata dokter, saya disuruh operasi sinus ..
    Yang jadi pertanyaan saya adalah, apa saya harus di operasi atau saya minum obat-obatan herbal???
    Karena saya takut dengan operasi, dan kalau memang harus di operasi apakah akan sembuh total atau nantinya sinus ini akan timbul/kambuh lagi? Please help me :( . Thanks rgds .

    jwb:
    Sy pernah merawat penderita sinus yg telah operasi berulang kali. Cobalah ke Pennasia dulu sblm operasi. biasanya hanya perlu 3-7 kali terapi. tq.

  34. tuty says:

    permisi aku tuty umur 16 thn.. Aku mau tanya, aku lagi ngalamin sesuatuu.. Yaitu hidung aku suka ngeluarin bau seperti darah, padahal bukan darah tapi kaya cairan… Waktu pertama kali ngalaminbatang hidung kerasa sakit banget. Kadang waktu sujud atau tidur suka ngerasain nyeri di bagian kepala. Itu kenapa ya? Sinus atau bukan? Kalo iya sinus itu termasuk sinus apa ya? Kalo di cek kira2 brp biaya nya? :) ) thnks.

    jwb:
    Kemungkinan itu infeksi. Kalau sinus dg rasa berat di dahi itu sinus frontalis, kalau yg terasa berat di pipi, itu sinus maksilaris.
    Penyembuhan di Pennasia saat ini 120 rb per kali dtg. Perlu 3-4 kali terapi. tq

  35. Endah Kurniawan says:

    Dokter, anak saya umur 4tahun,,, barusan saya mengetahui klo gusinya bengkak pada bagian depan bawah,,terus saya pencet, keluar cairan seperti nanah dan darah terus saya olesi dengan minyak tawon,,pertanyaan saya, apakah boleh memencet bengkak pada gusi anak?

    jwb:
    Pada dasarnya, suatu tindakan hrs didasarkan dg ilmu dan perhitungan yg benar. Kalau hslnya bgs ya gak apa-apa. Tp sebaiknya ke ahlinya. Tq

  36. Tresna says:

    Saya Tresna Umur 17 Tahun .. Penyakit Sinusitis Maksilaris Bisa Kambuh Ga ??
    Terus Kalau Bisa Kambuh Apa Penyebabnya ???

    jwb:
    Sdr Tresna, Yg blm pernah sakit bisa sakit, dan yg pernah skt bs kambuh. Penyebabnya kondisi tg lemah dan infeksi bakteri/virus. tq

  37. Aldy Kurnia says:

    Saya mau tanya Dok, Ibu saya(45 th) terkena sinusitis dan memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi, menurut dokter harus dioperasi lewat pembedahan mulut/gigi untuk mengeluarkan nanah yang terjebak di rongga gigi.
    Waktu akan dicabut gigi ibu saya sulit untuk dicabut sehingga ibu saya mengalami ngilu pada gigi yg sudah terlanjur dikoyah namun gagal utk dicabut. Apakah tidak ada cara selain operasi untuk mengeluarkan nanah tsb dan berpengaruh atau tidak jika gagal cabut gigi pada sistem saraf/mata ibu saya ? Trimakasih mohon penjelasannya

    jwb:
    Biasanya Pennasia dpt menyelesaikan mslh tsb.
    Smg tdk berpengaruh. Insyaallah kami bs membantu klo gagal cabut itu berefek negatif. tq

  38. Mungkinkah sya juga terkena sinusitis..???
    Karna saya pernah sakit kepala yang teramat sangat bagi sya..dan disertai dgan flu,yang menimbulkan ingus yang berbau.dan sekarang jika tengah hari cairan dari hidung saya sering keluar dan berbau..
    adakah solusi alami nya. . . . . . . . . . . . . . .tank’s

    jwb:
    Ya. Itu sinusitis. Tidak sulit kok.
    Dtg ke Pennasia perlu 3-7 kali sdh baik. tq

  39. ary says:

    Saya di surakarta..
    Kalo mau konsultasi dulu brpa ya trus biaya bwat terapi sinusitis brapa.? Trima kasih.

    jwb:
    biaya tergantung tiap outlet. Silakn telp.
    Yg di Purimas saat ini 120 rb unt sinus. Konsul gratis. tq

  40. julia says:

    Permisi dokter, saya mau menyampaikan keluhan yang saya alami. Setahun lalu saya terbentur di bagian hidung yang menyebabkan tulang hidung bengkok (deviasi). 2 bulan setelahnya saya mulai merasakan nyeri tekan di kepala (daerah alis terasa berat) dan muncul reak/ludah yang lengket di tenggorokan, tidak bisa dibuang dan mulut penuh ludah (hipersalivasi). Tidak lama kemudian saya demam dan setelah dicek ke dokter, diagnosa sinusitis dan polip. Yang menjadi pertanyaan saya apa benturan di hidung saya yg menjadi bengkok menyebabkan sinusitis? Dan bagaimana menghilangkan ludah lengket di mulut yang terus menerus serta nyeri tekan kepala? Bahkan saat ini mata saya terasa perih/letih terus menerus. Mohon jawaban dari dokter dan terima kasih banyak.

    jwb:
    Benturan tsb bs mengakibatkan sinusitis maxilaris dan frontalis. Sptnya ada dampak yg lain akibat peradangannya, meluas pada kelenjar ludah dan tenggorokan.
    Demikian jg pd mata dan kepala, itu akibat peradangan yg merambat. Silakan dtg saja ke Pennasia. tq

  41. indra wahyudi says:

    Dok, saya mau brtanya. Saya berusia 24 tahun. Saya mmpunyai keluhan pada bagian kepala saya. Muka saya sering terasa kaku dan tebal trutama di dahi dan juga pipi. Kemudian di leher belakang sering terasa pegal. Nafas agak sesak. Sering mengantuk (menguap) pada pagi atau siang hari. Mata juga cepat lelah. SGejala ini sudah. Ini berlangsung dari tahun 2011 lalu. Ini sangat tidak nyaman sekali n mgganhgu aktifitas. Apakah ini termasuk gejala sinusitis dok?

    jwb:
    Itu penyumbatan pembuluh darah di leher dan kepala sehingga otak dan organ di kepala anda kekurangan oksigen. Itu peringatannya sdh cukup serius. Dapat beresiko stroke (maaf) bila makin parah atau komplikasi dg kolesterol. Sgr dtg ke Pennasia. tq

  42. tommy says:

    Dok saya dari palembang, mau bertanya, istri saya ada sinusitis di pipi sebelah kanan”agak bengkak” kemarin udah di CT scan, yang saya mau tanyakan apakah Pennasia ada disumatera “PALEMBANG”

    jwb:
    Blm ada. Tp Pernah ada rombongan dr palembang yg ke Surabaya. tq.

  43. Pram says:

    Dok, sy menderita sinusitis maksilaris bilateral sepertinya sudah bertahun – tahun tp baru terasa januari tahun ini..apakah tulang pipi bisa menonjol karena sinusitis maksilaris ( tulang pipi sy sebelah kiri jadi menonjol ). Berapa kali terapi bisa sembuh? Apakah cabang jakarta masih buka, alamat lengkapnya dimana? trims.

    jwb:
    Bila sdh dewasa, penonjolan tulang jarang terjadi. Mgkn itu pipi bengkak yg mengeras saja. Jakarta hub Depok 085 774 749 293 ; 021 966 00 242. tq

  44. irwan says:

    Malam Dok, saya irwan usia 24thn, mau tanya Dok sudah lama pilek saya tak kunjung sembuh, kalau bgn tdr dan sehabis mandi biasanya pilek kambuh, belakangan ini kelopak mata dan daerah pipi bengkak + pusing + demam, jika menunduk kepala terasa sakit + berat… apa itu sinus dok? Jika iya apakah tingkatannya parah? Trims

    jwb:
    Keluhan yg dimunculkan oleh tubuh menunjukkan tubuh minta solusi, bukan untuk ditunda.Ya, itu sinus dan sudah menengah-berat. tq

  45. Jacks says:

    Dok,
    Saya 32 thn, udah 3 bulan ini hidung saya tersumbat kiri dan kanan silih berganti
    sekarang kepala sering sakit sebelah, dan dahi serta pipi agak kebas.
    saya kalo tarik nafas sepertia da yang menganjal, tetapi tidak cair.
    saya tidak pilek tapi perasaannya seperti ada cairan gitu kalo saya bernafas dengan hidung. mohon penceraghan, apakah ada obatnya. Terimakasih

    jwb:
    Itu bs jenis sinus or hidung buntu krn peradangan dan pembengkaan kelenjar or dinding dalam. Solusinya terapi ke Pennasia. tq

  46. dinan says:

    Selamat sore dokter,
    Pada bulan Januari 2010, sore hari saya menonton TV sambil tiduran di sofa, tiba2 mata kiri saya tidak dapat melihat, saya kaget, dan saya coba pijat2 di bagian kiri sebelah mata, akhirnya berangsur2 melihat kembali. Setelah itu, sejam kemudian kambuh lagi dan saya pijat2 lagi, akhirnya melihat kembali dan begitulah selakanjutnya. Besoknya saya ke dokter Spesialis Mata, dan kata dokter mata, mata saya bagus tidak ada gangguan, lalu katanya kemungkinan dari bagian intern. Akhirnya saya dirujuk ke dokter Spesialis Penyakit Dalam, cek darah, hasilnya bagus. Dokternya bingung, lalu kata saya : “Jadi, apa yang harus saya perbuat dok?”. Lalu dokter menyarankan untuk di MRI, ternyata hasilnya yang lain bagus, tapi ada penebalan hebat Sinus Maksilaris Nasi pada pipi sebelah kanan. Tapi yang sering meradang (ngebet) kan pada pipi sebelah kiri. Memang ada 2 buah gigi bagian kiri atas yang bolong, dokter gigi pernah menganjurkan untuk dicabut saja, tetapi karena saya lihat mahkota gigi masih bagus (bagian dalam sudah bolong), maka saya memutuskan untuk mencoba perawatan ke dokter spesialis syaraf gigi. Selama dari tahun 2010 s/d 2013 ini saya sudah banyak berganti2 dokter spesialis gigi untuk perawatan, tapi hasilnya tidak sembuh juga. Pernah, pada tahun 2011, karena saya tidak tahan karena efeknya yang mengerikan, saya minta cabut 1 buah gigi yang bolong, karena jari2 saya sampai bergerak2 sendiri (seperti syaraf) dan keram menjalar dari ujung jari ke arah atas. Kata dokternya itu bukan pengaruh gigi, tapi saya tidak peduli, saya tetap minta dicabut 1 gigi. Akhirnya, setelah dicabut, tidak sampai 5 menit, badan terasa enteng, jari2 tidak bergerak2 lagi, lalu kata dokter gigi : “Kok bisa ya?”. Malah setelah itu dokter itu bercerita pernah punya pasien yang korengan dibadannya, sudah ke dokter kulit tidak sembuh2, setelah dokter mencabut giginya, berangsur sembuh.
    Untuk sekarang ini yang saya keluhkan, bila menjelang malam, pipi sebelah kiri meradang dan efeknya saya kurang konsentrasi, kurang keseimbangan (seperti melayang), dan terasa di pipi ada tekanan (seperti nanah mau keluar tetapi tidak bisa), badan terasa tidak enak (seperi meriang/demam), bawaannya ngantuk dan nafas terasa berat (terutama pas mau tidur, terkadang sesak nafas).
    Tolonglah dokter, bagaimana mengenai sakit yang saya derita ini?

    jwb:
    Sinus maksilaris anda perlu kami terapi. Nampaknya peradangan dan lendir di dalam hidung yg menyiksa tubuh anda. Banyak2lah minum air hangat.
    Anda blh ke THT lg or ke Pennasia. smg cpt sembuh. Tq

  47. yuni says:

    Dok,
    Saya berusia 34 thn,yg 2 th lalu terkena sinus pipi n sampai skrg blm pernh kambuh lg tetapi utk alergi semakin parah.setiap terkena dingin,bau menyengat dan tegang krn byk pikiran,selalu kambuh.
    Yang mau saya tanyakan adalah :
    1. Dapatkah alergi saya d sembuhkan atau min berkurang agr tdk srg kambuh?
    2. Untuk penyakit saya tsb kira2 sampai brp x terapi?
    3. Untk setiap terapi brp biayanya?
    4. Untk terapi biasanya berupa uap ato pijat ato seperti apa ya dok?
    5. Apakah setiap dtg d haruskn sms dulu dan jika lgsg dtg tanpa sms dulu gimana dok. Boleh tdk?
    Maaf jk pertanyaannya terlalu byk dan sblmnya saya sampaikn terima kasih.

    jwb:
    Alergi biasanya sembuh dg 3-7 kali terapi. Saat ini 120 rb per kali dtg.
    Kita menggunakan alat2 untuk normalisasi saraf hidung. Blh lgsg dtg.
    Tq.

  48. adam widiyanto says:

    dokter,saya pria umur 34 th,sudah 2 hr ini kepala sering sakit di bagian depan (dahi dan sekitar mata),terutama kalo pas sujud.trus,kalo pagi biasanya keluar dahak berwarna hijau kekuningan.apa ini gejala sinus? trus untuk periksa bs langsung ke spesialis THT? juga apa perlu tindakan operasi? mohon penjelasannya?terima kasih

    jwb:
    Itu sinus frontalis. Operasi agak sulit untuk itu. biasanya yg maksilaris yg lbh mudah dioperasi.
    Ke Pennasia sembuh dg 3-7 kali terapi tanpa operasi. tq

  49. Dwiana says:

    Dokter,usia saya 29th.
    4 Des 2012 lalu sy operasi sinusitis maxillaris dan etmoidalis..kata dokter THT,sinusitis itu disebabkan oleh alergi hidung. Smp skrg sy msh mgkonsumsi obat alergi setiap 2hr sekali.. Bbrp hr ini kepala agak pusing n hidung trsa penuh,,td pagi waktu saya bersihkan hidung (sisi) trnyata ada lendir yg keluar campur darah..
    Apa yg tjd dgn saya..?? Sebaikna bgmn..??
    Tlg minta alamat Pennasia di Jogja.. Terimakasih

    jwb:
    Nampaknya masih ada peradangan dan lendir di hidung anda. Silakan ke Pennasia. Alamat bisa KLIK DISINI. Tq

  50. alvi wahyu adita says:

    Dok,umur sya pria 21th..dok mau tanya,,waktu saya bangun pagi pagi tiba tiba tenggorokan seperti mau ngeluarkan dahak tp ga bisa bisa dok,habis itu tak paksain mau dikeluarin tapi seperti benjolan atau lendir belum terasa kalo buat nelen air ludah terasa,habis itu saya coba buat tidur hilang dok buat nelen ludah lagfi juga ga kerasa,, tapi hidung + tenggorokan rasanya seperti dahak tapi tidak ada dahak dok..dan tubuh saya fit dong tidak ada keluhan apa apa ..itu radang atau apa dok..,terima kasih dok..

    jwb:
    Ya. radang tahap awal. Jaga stamina krn bs muncul lg dg lbh berat. tq

  51. rayza says:

    mlam dok
    umur saya 17,mata saya sering kali bengkak anehnya selalu yang sebelah kanan kejadiannya setelah mandi pagi awal nya hanya bentol dan bersin-bersin lama kelamaan bengkak,tapi bisa sembuh dengan sendirinya kurang lbih 3hari,pnyakit ini sampe” mengganggu sekolahku.

    jwb:
    Sepertinya ada endapan alergen yg mengendap di situ. Biasanya sembuh dg 3-4 kali terapi di Pennasia. tq

  52. Rony Tsalatsa says:

    Dok ,umur Saya 31th.Dok mau tanya, Kepala saya sering Pusing dan sembuh bila keluar cairan brebau dari hidung, Apakah itu Dampak dr sinusitis? trus Saya periksa ke THT setelah itu dirujuk ke Dr gigi, trus sama Dokter kalau mau sinusitisnya sembuh disuruh Cabut GIGI Geraham atas..!!! Menurut Dokter apa bener setelah aku cabut gigi geraham atas apakah sinusitis saya bisa sembuh? terima kasih dok.,,

    jwb:
    Itu salah satu cara, tp blm tentu sembuh. Silakan ke Pennasia. Anda bs sembuh tanpa cabut gigi. tq

  53. okin says:

    Selamat pagi dok, saudara saya umur 26 th mengalami sinusitis sudah 8 bulan ini. sudah beberapa kali disedot dan terakhir dioperasi tapi tetap kambuh. Karena biaya mahal, maka tidak bisa rutin kontrol ke dokter, akhirny dibiarkan saja.Setiap bulan pasti kambuh, mimisan, sakit kepala dan hidung lalu pingsan dan dibawa ke RS. kemudian tidak lama kambuh lagi. bagaimana ya dok? karena saudara saya di luar Jawa, dan terkendala biaya untuk rutin berobat ke dokter. Mohon sarannya. terimakasih.

    jwb:
    Sementara tidak bs ke Pennasia, silakan mengkonsumsi banyak sayur, buah atau vitamin yg lain. Hindari renang, es, dan yg dingin2..

  54. dina says:

    Apakah sinus maxilaris bilateral harus dioperasi? atau bisa disedot saja? terima kasih

    jwb:
    Di Pennasia tidak perlu dioperasi. Sembuh dg 3-7 kali terapi. tq

  55. suripto says:

    dok sya sdh 2 HR hidung sblh kiri keluar cairan yg tidak sedap,trus kepala berat,mata kiri juga berat apakah ini sinus terima ksh.

    jwb:
    Ya benar. Itu sinus. Silakan dtg. tq

  56. anggi feisal says:

    dok,saya sudah 3x operasi sinusitis tetapi msh kambuh jg pe skrng,,jarak operasi’y 3thn skali n fisioterapi jg tdk berpengaruh!!
    yang mw saya tanyain,apakah sinusitis itu tdk bsa sembuh ya?

    jwb:
    Bisa sembuh, dan perlu menjaga diri agar tidak kambuhan. Tq

  57. rohmiati says:

    saya umur 31 tahun saya menderita sinus dari smu dulu tapi sembuh kemudian kambuh lagi…saat kambuh sakit sekali pada bagian pipi kiri…kemuadian kalaw saya baring miring kekanan…ada cairan kuning yg keluar menyerupai kayak darah…..sebelumnya tidak pernah…apa penyebabnya makasih…

    jwb:
    Penyebabnya peradangan dan virus. Mungkin rongga sinusnya sdh penuh shgg mengalir keluar. silakan dtg..

  58. ernitha says:

    Aku sering banget pilek dan lama sembuh, blm lama sembuh skrg udh kambuh lagi, hidung mampet kadang ngeluarin lendir bening kadang kuning dan kadang agak hijau, kadang tdk berbau kadang jg amis kalo pas lendir nya kental/kuning khijauan. Sampe2 kepala pusing dan berasa berat, dahi pegal, dan mata jg pegal smpe2 telinga jg ikutan mampet jd kalo pas kambuh pileknya telinga jd berkurang pendengaran, ditambah berdenging udah hampir 1 bln gak berhenti2, yg aku alami kira2 penyakit apa ya dok ?, aku posisi di lampung, blm ada ya pennasia di lampung, tolong donk buka jg praktek d lampung.

    jwb:
    Itu sinusitis, silakan dtg. Smg cpt sembuh. Amin, smg cpt praktek di kota2 lain. tq

  59. jojo says:

    salam dok,
    dok dari hasil photo sinus dinyatakan saya kena sinus maxilaris..photonya bulan Maret 2013 saya berobat ke dokter THT dan juga minum obat herbal..
    tapi masih tetap z, malah cairan/ingusnya sudah berubah warna kadang kuning kecoklatan dan kadang berwarna hijau tapi tidak berbau..
    penciuman saya juga agak terganggu,…kalo kambuh kepala,pipi, gusi dan disekitaran mata saya sangat sakit dok
    pengobatannya apa yang harus saya lakukan ya dok..
    apakah kondisi seperti itu sudah harus dioperasi/dibedah?
    sekarang2 ini saya tiap malam mengirup uap panas (air saya masak dengan garam)…
    mohon sarannya ya dok…terimakasih

    jwb:
    Sakit sinusitis memang demikian. Herbal kerjanya lambat, sedangkan operasi juga tidak menjamin, bahkan tetap bisa kambuh.
    Cara paling cepat ya terapi ke Pennasia. Sembuh cepat, aman dan alami. tks

  60. ita says:

    Malam dok.
    Saya 10thn lalu pernah operasi sinus lama tidak diperhatikan pipi saya sebelah kanan membesar. Saat disentuh seperti ada klereng keras. Setiap minum air dingin dan minuman bersoda pipi akan membesar dan serasa linu karena kulit gusi seperti ditarik.kira kira pipi yang mengeras ini bisa sembuh tdk ya?dan apakah ini sinus?

    jwb:
    Mungkin itu sinus yg menyebar ke tulang pipi. Jgn dipenet2 krn bs makin besar dan mengeras. Insya’allah masih bisa. tq

  61. joni says:

    Dok saya mau tanya adik saya umurnya 17th tiap hari dia sering mengeluh gini Pileknya itu gk smbuh2, trus kalau mau di keluarin susah bgt, smpe dadane sesak, hdunge juga bampet bgt, jadine nafase gk teratur. dia juga pernah oprasi setahun yang lalu, dan yg mau saya tanyakan ini sinusitisnya jenis apa ya dok? trus penyembuhannya gimana? dan kebetulan saya bertempat tinggal di sekitar semarang, mohon bantuannya ya dokter :-) thks

    jwb:
    Itu sinus yg blm sembuh. Dan ada peradangan di dinding rongga hidung, yg mudang membengkak dan menutupi hidung. tq

    • joni says:

      nah cara nyembuhinnya gimana ya dok? entah itu pake obat herbal atau secara alami, masalahnya kalau misalkan mau ke pennasia itu jaraknya terlalu jauh, dan kenapa tidak buka cabang disemarang aja, terimakasih :-) mohon bantuannya ya dokter :-) :-)

  62. lia says:

    Maaf dok hidung saya kadang suka terasa bau nyium mknan jdi bau+klo mkn jdi ga enak trus dr hidung ngalir lendir bening ke tenggorokan rasanya ga nyaman kt dktr tht saya terkena penyakit sinusitis lumayan parah udh 2x berobat ktnya udh mndingan tpi sAya ga berobat jln lgi saya beli resepnya ajj dr apotek tpi skrng kerasanya terasa ada yg ngehalang diatas tenggorokan yg deket” hidung lenndir gth rasanya ga nyaman trus klo terapi buat di daerah bandung saya hrs kmn ya?

    jwb:
    Bisa ke Jkt or Surabaya. Perlu 3-7 kali terapi. tq

  63. Diana says:

    Dear Dokter,
    3bln terakhir ini saya dlm perawatan dan pencabutan gigi 1.gigi kanan atas plg belakang ditambal yg bawahnya dicabut…Sdh 6 gigi dicabut 2diantaranya Sdh infeksi…yg terakhir kiri atas paling belakang itu dicabut seminggu yg lalu,setelah pencabutan gigi ketika disemprot tdk terasa keluar Dr hidung tetapi setelah kebal nya hilang lgsg terasa spt mau flu bersin bersin kepala berat dan mata panas 2hari spt itu bau tak sedap dimulut…cairan yg keluar Dr hidung pun bau nya tdk sedap,hari ini persis seminggu setelah pencabutan td pagi saya menarik lendir Dr hidung ke tenggorokan yg lalu saya keluarkan ternyata ada darah sedikit…krn saya takut lalu berikutnya saya telan saja akibatnya tenggorokan dan dada saya terasa spt byk lendir…apakah dpt berbahaya PD organ lain spt paru dan jantung?? Apakah saya terkena sinusitis??? Pinnesia itu praktek dimana yaa??? Oia dok telinga kanan saya sering blebekan dan kyk jauh gituu dan diatas telinga kanan itu kadang terasa nyeri berdenyit…mohon info nya dok…apakah bs tuntas di pinnesia?? Thank’s Regards, Dianan.

    jwb:
    Sy ikut prihatin dg penderitaan anda. Sebaiknya anda ke Pennasia Surabaya. Gusi anda perlu diterapi agar baik kembali.
    Kasus gigi yg berkepanjangan itu karena gusi yg tdk sehat. Bau mulut yg tdk sedap bisa krn sinus or krn darah yg mati dan tdk bisa keluar.
    Lbh detail kalau anda dtg. tq

  64. vera says:

    Malam dok. Saya vera. Saya mau menanyakan, sekitar sebulan yang lalu, ayah saya mengkonsumsi obat herbal jelly gamat untuk penyakit sinus yang di deritanya. Saat mengkonsumsinya hampir seminggu, ingus yang ayah saya keluarkan berupa darah, tetapi nafasnya sudah tidak berbau. Apakah kemungkinan penyakit sinus ayah saya bisa sembuh ? Dan apa tanda-tanda sembuh dari penyakit sinus. Makasih…

    jwb:
    Mohon maaf, sy tidak mengomentari produk orang lain. Namun demikian, di Pennasia sinus dapat disembuhkan dan prosesnya tanpa mengeluarkan arah.
    Tanda kesembuhannya, pasien tidak menderita dan tidak memunculkan gejala penyakitnya. tq

  65. asri says:

    Malam dok,saya asri 22th.
    Sy mau tanya,tiap pagi bangun tidur,bebrapa hr yg lalu sy tidak bs mencium aroma apapun,tp beberapa jam kemudian pencan saya kembali normal,smpai hr ini.sy mengalami gejala pilek sudah bbrp minggu.apakah sy trkena sinusitis?trimakasi dok.

    jwb:
    Kemungkinan besar sinusitis. Hub dokter terdekat or ke Pennasia. tq

  66. randa says:

    saya mau tanya dok..saya mempunyai gejala seperti hidung tersumbat,hidung sering bedarah,dan apabila di tekan pipih saya akan terasa nyeri,,,,,,bahkan sekarang mata saya mengalami pembengkakan.
    kata dokter saya mempunyai penyakit sinusitis maklaris kanan..tolong solusi nyaa dokter…………..

    jwb:
    Benar kata dokter tsb. Silakan ke Pennasia or ke dokter tsb. tq

  67. ria arnita says:

    Dok saya ria arnita, umur 18 tahun, saya ini sdh lama merasakan flu dan pilek yg tidak sembuh-sembuh.
    Malah akhir akhir ini saya merasa tambah parah, saya suka bersin, batuk, dan pusing. Apanitu dok tanda nya?

    jwb:
    Itu alergi, dan mungkin komplikasi dg sinusitis.
    Sgr ke Pennasia or dokter terdekat. tq

  68. dameri sylvia says:

    Saya berusia 22 tahun dan sudah 5 bulan ini mengalami sumbatan dibagian hidung sebelah kanan. Sering kali keluar cairan seperti nanah dan berbau dr rahang gigi atas bagian gigi geraham, apakah itu termasuk cairan sinus nya dok? atau memang gigi saya bermasalah?

    jwb:
    Wah, nampaknya sudah mengalami komplikasi antara keduanya. Jalur medis, anda perlu ke dokter THT dan ke dr.Gigi dengan proses agak panjang. Mungkin perlu foto dst.
    Kalau ke Pennasia keduanya bisa diterapi sekaligus, dan cepat sembuh. tq

  69. alfiah says:

    dok, saya 3 hari ini sakit awalnya sakit tenggorokan lalu besoknya saya sakit pilek,batuk,panas,dan hidung tersumbat dan pas hari ketiga kepala saya sakit pada bagian mata sebelah kanan juga sakit dan saat saya sujud kepala saya sakit dan ingus saya keluar. apakah itu sinusitis dok?

    jwb:
    Awalnya radang tenggorokan. Radang bisa menyebar dan mengakibatkan yg lain2 tsb. Saat sujud sakit itu tanda dari sinusitis frontalis. tq

  70. Ahmad says:

    Saya Ahmad Umur 35 Tahun sudah 7 hari Hidung saya sebelah kiri mengluarkan Lendir berwarna kuning kehijaun dan berbau busuk. Bagaimana Solusinya apa bisa sembuh dengan jalan tidak harus Operasi. Tolong Bantuannya.

    jwb:
    Pennasia menyembuhkan tanpa operasi dan aman. Silakan dtg. tq

  71. fauzi says:

    dok saya mau tanya didalam hidung saya seperti ada gumpalan daging yg rasany menyumbat kadang dikiri kadang dikanan..apakah itu penyebabkan pilek bertahun2 saya..bagaimana mengatasinya apakah harus operasi???

    jwb:
    Operasi lebih efektif. tq

  72. cindy putri says:

    Dok, tulang pipi sya bengkak sebelah kanan. Sya tidak bermasalah dgan hidung, nafas normal, setelah CTscan hasilnya sinus jernih, septum nasi sedikit deviasi ke kanan, tampak pelebaran tulang zygoma dan sphenoid sisi kanan. Itu penyakit apa dok? Dan apa obat tradisional bisa menyembuhkan? Apa obt nya dok?

    jwb:
    Bengkak itu peradangan. Ada yg bs dilihat oleh foto ada yg tidak.Foto itu menunjukkan hidung anda sedikit bengkok ke kanan. Namun itu tidak mengharuskan anda menderita radang. Silakan ke Pennasia. Perlu 3-4 kali terapi. tq

  73. iwan pindro says:

    dok,ni saya punya ade umur 22 th, positif mengidap sinusitis,
    gni dok,gigi atasnya kan udah terinfeksi virus sinusitis yg jd pertanyaan saya apakah gigi atasnya bakal keropos & seandainya sembuh apa bisa di normalkan putih kayak orang biasanya.

    jwb:
    Sinusitisnya bisa disembuhkan. Pemutihan gigi tergantung lapisan emailnya juga. Namun demikianlebih baik konsulnya ke dokter gigi. tq

  74. yanto h says:

    dok , saya terkena sinusitis dari bayi sampai sekarang ,umur saya sdh 45 th ,adakan cara penyembuhan ,karna saya takut berobat, seperti kaka sepupuh sama penyakitnya, dan pernah di operasi ,dll tapi kumat lagi.

    jwb:
    Silakan dtg ke Pennasia. Biasanya sembuh kok. Ada yg asma mulai kecil, dan saat ke Pennasia sdh usia 70 an. Alhamdulillah juga sembuh. tq

  75. deby aulya says:

    Dok saya mau tanya,,Sayakan punya penyakit sinusitis ama polip jg
    Udah akut banget..apa bs sembuh??

    jwb:
    Insyaallah bs sembuh. Biasanya 4-7 kali sembuh. tq

  76. vika says:

    Dok dr tahun 2000 sampe skrg sy sering bersin2 terutama klo pagi,AC,capek,stress,debu,dan udara dingin,ruangn lembab.
    Hidung sy jg terus menerus berlendir(sedikit) sampe ke tenggorokn shg mnyebabkn nafas mulut saya sangat bau…tapi lendirnya berwarna putih dan tdk berbau. Sy sdh periksa ke dokter THT tp katanya cuma alergi saja.
    Apakh betul itu cm alergi atau sinusitis? Mslhnya pileknyaa tdk pernah sembuh,kecuali minum obat pilek..tp beberapa hari kambuh lg.lokasi sy di sulawesi,jauh klo ke srby…klo gurah lendir apakh aman n tdk berbahaya dok?makasih sblmnya.

    jwb:
    Itu sinus dan alergi. Biasanya sembuh di Pennasia. Gurah blh anda coba bila anda sdh konsul pd terapisnya dan yakin dg hasilnya. tq

  77. susi says:

    Selamat siang dokter saya mu tanya kalo malam hari sebelum tidur hidung saya tersumbat dan pada pagi harinya juga seperti itu,terkadang mengeluarkan cairan yang sangat bening namun tidak berbau ! siang hari pilek itu gk datang dok , kalo hidung sudah gatal kadang saya garuk sampe merah , kalau bersin saja lngsung idung gatel anda mampet and langsung keluarin cairan bening..itu kenapa ya dokter ? and apa penyebabnya ? sekalian tanya obat alaminya apa ya dokter ? karena nyiksa banget and gk enak bgt rasanya kalo mau pilek tiap hari ! thanks for your answer !

    jwb:
    Itu alergi dingin/debu. Penyebabnya saraf yg over sensitif, dan stamina yg menurun. Stamina bs anda atasi dg vitamin2. Yg saraf, perlu disembuhkan di Pennasia. tq

  78. Aim says:

    Dok beberapa hari lalu ingus sya berwarna kuning gitu, terus pernah sampe berdarah tapi sekali aja, apa itu sinusitus dok,
    dan sekarang saya udah ga flu lagi tapi sekarang sakit kepala ga sembuh2 dok, apa itu efek dari sinusitus dok dan apa itu bahaya?? tq

    jwb:
    Sinus bs menyebabkan skt kepala. Tp sakit kepala tdk hrs krn sinus. Cobalah ke Pennasia. Biasanya cpt sembuh kok… tq

  79. sara says:

    sore dok, saya mau tanya?
    saya mengalami kuping berdengung sudah cukup lama, terkadang hilang dan terkadang kambuh lagi disertai oleh lendir di tenggorokan yang susah keluar & sesak nafas, kalau nyeri di dahi terkadang, dan kalau pusing juga terkadang tapi ketika kepala pusing sakit sekali dok, kalau terkena debu hidung saya langsung gatal sekali. apakah itu sinusitis dok?

    jwb:
    Itu mgkn penyumbatan or peradangan yg sdh meluas.
    Yg hidung gatal itu alergi debu. Silakan dtg. tq

  80. yeyen says:

    Dok..mau udh ke rs.mata kata dokter mata ak merah dan berair krn alergi AC ak di ksh obat tetes Protagent A,oculentA,sama obat minum udh pake sebln tp mata ak msh sering merah,belekan dan berair. Mohon saran dan obatnya…mksh

    jwb:
    Silakan dtg ke Pennasia. Perlu 3-4 kali terapi unt sembuh. tq

  81. umur sy 17 th dok,saat bangun tdur pgi ingus sy slalu mencair.dan bersin2.ap pnyebab nya dok.?

    jwb:
    Itu alergi dingin/debu. Penyebabnya sensitifitas saraf pendeteksi terlalu berlebihan atau bs jg kondisi yg sedang menurun/lemah. Solusinya terapi ke Pennasia agar sembuh. tq

  82. syarif says:

    saya syarif (20 tahun) surabaya.
    dua minggu yang lalu sehabis kehujanan dan keanginan , hidung saya mampet. pertama saya kira flu biasa, tapi sampai sekarang belum sembuh juga. gejalanya:
    1. mampet bergantian antara kanan dan kiri (tergantung posisi) selama seharian dan agak plong kalau olah raga dan disiang hari.
    2. tidak bersin. tidak ada lendir yang keluar.tidak nyeri dibagian wajah.
    3. pusing diawal 5hari.
    kira kira itu apa ya dok? soalnya sudah ke tht dikasih obat antihistamin dan dekongestan serta obat semprot belum bisa menyembuhkan keluhan saya.

    jwb:
    Itu peradangan konka. Efektifnya memang bila ke Pennasia. tq.

  83. nungki says:

    Dok, saya mau tanya, umur saya 27 tahun.
    Bulan agustus 2013 lalu saya operasi sinus maksilaris.
    Tetapi setelah operasi saya masih suka keluar cairan bening.
    Kata dokter itu karena alergi nya.
    Saya dikasih obat semprot, setelah di semprotkan memang hilang alergi nya.
    Tetapi 3 minggu lalu / setelah 6 bulan operasi saya merasa mampet hidung yg sebelah kiri.. pas cek ke dokter tht katanya bekas operasi nya bengkak karena alergi nya..
    Akhirnya kemarin di bedah sedikit rongga konkotominya agar tidak lengket jika ada pembengkakan karena alergi.
    Yang saya ingin tanyakan apakah alergi saya bisa sembuh?
    Brp kali terapi kira2?
    Dan biaya per kedatangan brp ya?
    Adakah nebus obat untuk diminum? Atau hanya terapi saja?
    Sistem terapi nya sakit atau tidak ya?
    Tidak seram / mengeluarkan darah kan dok?
    Apakah terapi nya seperti uap?
    Mohon infonya ya dok.. untuk jakarta di daerah mana ya?
    Terima kasih sebelumnya.

    jwb:
    Yg praktis memang ke Pennasia.
    Sembuhnya cepat, gak pakai obat, gak pakai jamu, gak sakit, dan gak kambuhan. :)
    Purimas Regency Blok B3/57 Rungkut (sebelah kampus UPN).
    Telp. 031.871.2627 flexy 031.7241.9696.
    Praktek Minggu s/d Jum’at. Pagi: pk. 08.00-13.00 Malam: 18.30-21.30

    • nungki says:

      Makasih dok jawabannya..
      Saya mau tanya lagi adakah alamat yg dijakarta dok?
      Dan saya jg alergi cuaca yg sangat dingin dan memakai karpet.. apakah itu bisa sembuh juga dok?
      Mohon infonya.. terima kasih.

  84. ari says:

    Assalamualaikum wr wb
    saya ari 20 tahun surabaya.
    sudah satu bulan terakhir saya mengalami sumbatan pada hidung saya. dengan gejala:
    1. tersumbat hidung bergantian antara kanan dan kiri (jika lubang hidung yang kiri tersumbat maka konka anak hidung yang kiri bengkak sedangkan yang kanan tidak dan sebaliknya bergantian)
    2. paling parah pas memasuki waktu malam sampai pagi dan agak mendingan kalau siang hari .
    kira-kira saya mengalami kelainan hidung apa ya dok?? sudah periksa ke spes tht dikasih obat , hasilnya belum memuaskan.
    terimakasih.

    jwb:
    Itu peradangan konka. Spy tuntas memang perlu ke Pennasia. Perlu 3-7 kali terapi. tq

  85. Jemi says:

    Dok, saya umur 14 tahun, saat saya buang “ingus” mengapa ingus saya bisa bercampur darah yang pekat, tetapi saya tidak merasa sakit sama sekali? apakah penyakit yg saya alami parah dok?Terima kasih atas perhatian dokter.

    jwb:
    Buang ingusnya mgkn terlalu keras shg ada sedikit luka. Lbh detail silakan dtg unt wawancara. tq

  86. agus says:

    Dok saya mau tanya, kata dr saya terkena sinus yg saya alami hidung mampet hampir tiap hari. ada ingus tapi tidak berbau. badan juga terasa kedinginan telinga mendengung. saya sudah berobat tapi belum sembuh juga. dan sekarang di tambah dgn gatal2 di kulit, apa benar saya sinus dgn gejala2nya seperti itu ? Adakah obatnya biar cpt sembuh ? Mohon penjelasan terima kasih

    jwb:
    Sebagian mmg gejala sinusitis. Kasus anda banyak. Spy cpt sembuh sgr ke Pennasia or dokter terdekat. tq

  87. ridha says:

    Dok,umur sy 27thn, sy ngalamin sinus maxilaris dan frontalis bertahun2,yg maxilaris sudah pernah disedot,dan skrg tinggal yg frontalis,dan kata dokter hrus di operasi krn itu di dahi dan tulang hidung saya bengkok,saya takut sekali untuk di operasi apalagi dibius total, saya pengen sembuh dok,kalo di Pennasia kira2 bisa sembuh gak ya? Trus gimana dgn tulang hidung saya yg bengkok?

    jwb:
    Di Pennasia itu bs sembuh dan tdk hrs operasi.
    Hidung bengkok itu gpp. Banyak yg sejak dulu hidungnya bengkok tp tdk penyakitan kok. tq

  88. christian says:

    dok, artikel diatas disebutkan sinusitis dapat merambah dibagian wajah yang lain, saya juga punya penyakit tersebut, akhir-akhir ini penyakit tersebut kambuh lagi dan merambah di bagian mata sebelah kiri, ketika mata dikedipkan agak nyeri pada area mata, apakah itu juga karena pengaruh sinus? ataukah penyakit lain? terimakasih

    jwb:
    Bs krn peradangan sinus yg meluas, namun bs jg krn kasus mata tersendiri. silakan dtg. tq

  89. Ria andania says:

    Dok saya ingin bertax usia saya 21 tahun sya gampang banget kena pilek biasa 1 mingguan bru sembuh, lendir yang keluar berwarna hijau dan berbau , lalu terkadang lendir sering keluar lewat mulut juga . Kira” apakah gejala sinusitis atau apa ?

    jwb:
    Ya. itu sinusitis. Silakan ke Pennasia agar tuntas. tq

  90. Arif says:

    Dok , dari hidung saya kadang keluar Cairan berwarna kuning lengket dan menyebabkan kerak di hidung jika kering . Dan kalau dipegang di jari sangat lengket . Itu apa ya dok.

    jwb:
    Itu lendir gejala sinus. Sebaiknya banyak minum air putih agar bs keluar dan encer. tq

  91. arya says:

    Dok, sudah hampir 3bulan ini terasa penuh dibagian telinga kanan, pusing di blkng mata kiri yg menjalar ke pipi, terasa nyeri di gigi, dan pusing dikepala kanan bagian belakang..apa itu sinusitis dok?tq

    jwb:
    Itu peradangan di saraf2 perifer di lokasi yg anda sebutkan semua. smg cpt sembuh. tq

  92. exellia nhati ariska says:

    dok, saya mau tnya dong
    saya sering merasakan sakit dibagian pipi atas hingga ke atas alis/dahi dan sering mimisan juga kalo sakitnya kambuh tapi terasa sakit ketika pagi saja kira-kira ini penyakit apa ya dok?

    jwb:
    Bs sinusitis or peradangan saraf pipi, disertai peradangan saraf orbitalis. tq

  93. Tiara says:

    dok mau tanya. umur saya 15 tahun. saya sering mengalami sakit kepala pusing dan batuk yang belum sembuh*. apakah itu tanda* sinusitis dok ?

    jwb:
    Bisa juga. Hindari renang untuk sementara. tq

  94. leidy says:

    dok, saya mau tanya, kenapa ya mata saya yang sebelah kiri jika dikedipkan terasa sakit. Dan sakitnya iuu di tulang pipi. Kadang juga bergantian pd mata sblh kanan. Apakah itu sinusitis dok? Trims.

    jwb:
    Sptnya bukan sinus. Itu lbh ke saraf mata yg berhub dg saraf pipi (saraf perifer). tq

  95. chaerul xar says:

    hello dok…..sya mau tanya ,mengapa hidung saya bau busuk jka menghirup udara, dan klo di pencet hidung saya trus menghirup udara, uh bau banget dok,,,,
    dan sering pusing kepala sebelah dok.
    apakah itu penyakit sinusitis, mohon jwbn nya dok, dan bagai mna penyembuhan nya. TERIMAKASIH

    jwb:
    Benar itu sinusitis. agar tuntas silakan terapi ke Pennasia. tq

  96. hady says:

    dok , di bawah kedua kulit ketiak saya terdapat benjolan pipih tapi kecil dan apabila ditekan terasa sakit dan nyeri. itu gejala apa ya dok.thank.

    jwb:
    Sptnya peradangan kelenjar saja. Silakan dtg, sy di Jkt Cibubur. tq

  97. lifia caroline says:

    dok saya lifia umur 16thun akhir” ini saya sering sekali mengalami pusing dibagian jidat di sekitar alis tepatnya biasanya mulai dari pagi hingga siang, apa itu berarti saya kena sinus ?

    jwb:
    Blm tentu. Mgkn hanya penyumbatan pembuluh darah daerah tsb.

  98. azis says:

    dok saya mau nanya saya punya penyakit amandel, belakangan-belakangan ini saya suka pusing kepala sebelah, suka sakit mata, suka gak enak badan dan kalau udah olahraga saya suka pusing, mata mudah lelah nah kalau itu terkena penyakit sinusitis gak mohon jawabannya dok, dan bagaimna penyembuhannya .TERIMA KASIH

    jwb:
    Amandel itu dpt menyumbat aliran darah ke kepala. Jd bs berakibat yg macam2 tsb. Tp jgn dioperasi krn akan kehilangan organ penting pembunuh kuman.
    Di terapi Pennassia saja agar kembali normal, berfungsi, dan tidak mengganggu. tq

    • Yuniar Lavenia Rani says:

      Dokter, saya dari kecil selalu mimisan ketika pilek. Kemudian saya periksa k THT dan katanya saya menderita sinusitis. Apakah gejala sinusitis itu mimisan? Dan saya sering mengalami bengkak pada mata. Apa itu juga? Terimakasih dok :)

      jwb:
      Anda menderita kelemahan pd daerah/area tsb. Bisa alergi dan sinusitis. Bisa sembuh kok..tq

  99. evi landlend says:

    dok saya usia 16 th sering sekali mengalami keluar lendir dari hidung terus jg berbau gitu, trus jg sering mengeluarkan darah dari hidung tpi tidak banyak hanya kalo sya terkena gejala flu saja hidung sya mengeluarkan lendir dan darah.
    apakah ini bahaya atau tidak dok.??

    jwb:
    Tidak berbahaya tapi menyiksa. Mgkn Anda menderita sinusitis. tq

  100. Bayu Nugroho says:

    Dok.saya bayu 16th mau nannya pipi saya sering pegel pegel n mata juga perihh + saya juga sring bersin”kalo kena debu trus pernah saya ngehembusin ingus kyak bercampur darah cuman ga trlalu bnyak dahaknya juga begitu apakah trmasuk sinusitis dok?thx

    jwb:
    Betul.

  101. Fransisca Diah Asih Prihandini says:

    Selamat siang Dok,
    saya mau tanya.. nama saya Diah umur 25 tahun.
    Saya tidak tahan dingin dan sensitif terhadap bau2 wangi.
    Awalnya saya mencium bau2 wangi dari parfum dan pewangi ruangan, yang imbasnya ketika tercium membuat tenggorokan menjadi sakit dan meradang, ditambah dengan aktivitas yang cukup banyak kemudian kurang minum air putih,
    keesokan harinya langsung tenggorokan sakit dan terkena flu.
    seperti biasa minum obat flu dan mengeluarkan ingus menggunakan tissue.
    namun sudah seminggu lebih tidak sembuh.
    bahkan di hidung sebelah kiri selalu mengeluarkan darah ketika buang ingus, setiap hari mampet hidungnya sehingga bernafas terkadang menggunakan mulut.
    bersamaan dengan hal itu, terjadi nyeri di gigi rahang atas sebelah kiri dan pada bola mata sebelah kiri pun terjadi tekanan yang kadang menyakitkan.
    Awalnya saya berpikir mungkin gigi saya berlubang dan mungkin mata saya sakit karena terlalu banyak di depan komputer, tapi anehnya kenapa hanya sebelah kiri ?
    boleh dibantu dok ?

    jwb:
    Membuang ingus dengan keras/paksa dapat menyebabkan telinga dan mata menjadi sakit. Juga bisa menyebabkan dinding hidung berdarah.
    Anda juga menderita alergi dan radang tenggorokan. Jangan coba2 sendiri dengan maksud berhemat. Hub Pennasia or dokter terdekat. tq

  102. aisyah says:

    saya aisyah. usia saya 14 th. saya mau tanya. saya tu sring ngerasa sakit d wajah seblah kiri saya., mta saya smpai bengakak,. kiri” it ciri” sinusitis bkn??
    udah seminggu in sya nahan rasa sakit d wajah sebelah kiri sya.

    jwb:
    Bisa sinusitis, dan bisa peradangan saraf lokal area tsb. Silakan dtg unt wawancara lbh detail dan sembuh. tq

  103. Deby Aulya says:

    Malàm dok, saya penderita sinusitis sudah lama sekali, saya ingin sembuh tapi dengan cara pengobatan tradisional apakah ada dok,soalnya saya pernah berobat ke dokter specialis THT sampai saya jalani oprasi.. Tapi tidak sembuh2, saya stres banget di situ dok, saya bela2in di oprasi tapi tidak ada hasilnya, sampai saya putus asa tidak peduliin lg penyakit saya ini, tapi saya takut jg bila di biarkan penyakit saya ini akan semakin parah.. Bagai mana dok solusinya apakah ada jl lain buat menyingkirkan penyakit saya ini.. Saya udah Capai banget dok.

    jwb:
    Silahkan ke Pennasia. Biasanya bisa sembuh kok. Hanya perlu sabar (2-3 paket) untuk sembuh. tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>