Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah adalah keadaan tekanan yang dikenakan oleh darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh. Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami.

Bayi dan anak-anak memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah dari pada pada orang dewasa. Dalam hal tekanan darah, ketika mengukur tekanan darah seseorang, seorang dokter akan memeriksa dua hal, yaitu tekanan darah yang tinggi dan tekanan darah yang rendah. Dalam hal ini, kita akan membicarakan tentang Tekanan Darah Tinggi pada seseorang.

Tekanan darah tinggi (hypertension) adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya peningkatan tekanan darah seseorang sehingga mencapai 140/90 mmHg atau lebih sehingga dinyatakan sebagai Hypertension.

Ada banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi seseorang. Diantara beberapa faktor itu adalah : terlalu banyak makan makanan yang berlemak seperti : gorengan, daging terutama daging kambing yang menyebabkan kegendutan, ketegangan jasmani, tekanan sosial dan bisnis.
Masuknya air dan garam yang berlebihan, khususnya bagi penderita yang ginjalnya bermasalah sehingga membuat tekanan darah tingginya kambuh.

Keadaan seseorang yang mengalami hypertension akan semakin diperparah jika yang bersangkutan adalah seorang perokok. Sebatang rokok dapat menaikkan tekanan darahnya sebanyak 5-10 strip untuk sementara. Oleh karena itulah, penderita hypertensi ini banyak dialami oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan. Hipertesi ini biasanya berhubungan dengan kesehatan jantung.

Gejala tekanan darah tinggi dapat juga dipicu oleh penyakit-penyakit lain yang diderita oleh penderita hypertension. Orang yang mengalami hypertension tidak akan mengalami keluhan sebelum mereka mencapai usia 35 tahun. Walaupun sebenarnya ada kebiasaan-kebiasaan buruk, faktor-faktor lain atau gejala dari penyakit lain yang bisa menyebabkan timbulnya hypertension.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengatasi tekanan darah tinggi sebelum terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Mengatur pola makan adalah kegiatan yang paling pertama, khususnya bagi orang-orang yang secara fisik gendut. Untuk menurunkan tekanan darah, seseorang harus mengendalikan selera makannya dan menjaga berat badannya supaya tetap seimbang. Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung gizi berlebihan, saperti : gula-gula, kue-kue lezat, makanan kecil, minuman yang mengandung kafein dan makan yang mengandung banyak garam-garaman. Istirahat, baik fisik maupun mental sangat berguna mengobati hypertension.

Gerak badan yang ringan-ringan saja sangat berguna bagi penderita hypertension yang tekanan darahnya masih tidak terlalu tinggi. Jika masalahnya sudah parah, maka semua urusan, keahlian, tugas-tugas sosial dan tanggung jawab harus dinomorduakan. Kunjungan sahabat atau keluarga jauh harus dibatasi untuk sementara. Jangan memberikan pengobatan dengan air atau jangan memijat pasien. Mandi seperti biasanya atau istirahat di tempat tidur mungkin bisa memberikan hasil yang sedikit lebih baik.

Ada beberapa jenis obat untuk tekanan darah tinggi, tetapi jangan menggunakannya tanpa petunjuk dokter. Kalau tekanan darah tinggi anda sudah parah dan berlangsung lama, maka otot jantung dan saringan ginjalnya sudah menyesuaikan diri dengan tekanannya. Sehingga untuk menurunkannya terlalu cepat atau terlalu banyak akan lebih membahayakan. Kalau seseorang hanya mempunyai tekanan darah yang tidak terlalu tinggi, biarlah seseorang tersebut belajar menyesuaikan diri dengan dirinya sendiri dari pada menurunkannya terlalu banyak. Dengan banyak mengkosumsi buah-buahan, seseorang bisa mengurangi tekanan darah tingginya. Baca juga tentang kesehatan jantung.

Sumber: www.SembuhAlami.com

This entry was posted in Tekanan Darah Tinggi. Bookmark the permalink.

67 Responses to Tekanan Darah Tinggi

  1. apakah darah tinggi dpt disembuhkan atau hrs mengonsumsi obat,meskipun sudah turun normal?
    krn mungkin dikuatirkan akan naik tekanan darah secara mendadak.

    jwb:
    Banyak penderita yang sudah kami sembuhkan. Meski demikian kami tidak melarang penderita bila mereka masih minum obat yang disesuaikan dosisnya.

  2. lizzie says:

    faktor apa saja yang membuat tekanan darah tinggi naik mendadak ???

    jwb:
    Faktor emosional, stress dan sejenisnya. Sakit nyeri, dan penderitaan juga bisa. tks.

  3. nana says:

    apakah sesuai jika saya melakukan senaman seperti angkat besi jika saya mengalami tekanan darah tinggi?

    jwb:
    yang sifatnya olah raga keras dan ketegangan seperti angkat besi tidak baik untuk anda.
    renang dan senam ringan lebih aman. terima kasih.

  4. linda says:

    Saya mau tanya buah apa saja yg bisa menurun kan darah tinggi????

    jwb:
    Mentimun, blimbing wuluh, daun seledri, salam. Tapi cocok2an.
    coba sedikit dulu. klo cocok baru diteruskan. tks.

  5. Tuty Exa says:

    umur saya bru 22 thn tpi tknan darah saya 200+, Tapi saya tidak ada keluhan. ini bahayaya/tidak bgi saya…

    jwb:
    Secara umum tekanan seperti itu sudah membahayakan. Sebaiknya selalu kontrol ke dokter atau Pennasia, dan mencegah tekanan darah anda naik. Pantangan seperti penderita darah tinggi. Belilah tensi meter dan kuasai penggunaannya. tks.

  6. Sadun says:

    Bapak, tekanan darah saya sebelah atas biasanya di bawah sempadan dan yang bawahnya bervariasi tetapi kebiasaannya di atas sempadan. contohnya tekanannya 120 / 90 ada masanya 130 / 95 dan ada kalanya 119 / 85 tetapi yang selalunya 130 /90 . Jarang-jarang bacaan atas dan bawah pada 140/90. Adakah saya mengalami masalah darah tinggi yang perlu memakan obat.
    Bagaimana untuk saya sembuh secara kekal dari masalah ini? terima kasih.

    jwb:
    Anda tidak menderita darah tinggi. Darah tinggi bila bacaan atas sudah di atas 140 atau 150.
    Bacaan bawah 85 masih aman. Kalau 95 jantungnya kurang baik.
    Tidak ada kesembuhan KEKAL. Yg perlu adalah hidup sehat, makanan dijaga, dan banyak berdoa dan berbuat baik. tks.

  7. lina says:

    dampak dari sering menghitung uang (debu uang) apakah berbahaya untuk kesehatan uang??

    jwb:
    Maaf, anda sakit apa bingung?

  8. putri zaputra says:

    suami saya usianya baru 32 thn ini seminggu yg lalu baru diketahui tekanan darahnya 200/110 dia sangat sulit utk makan sayuran hanya suka daging, ikan atau pun ayam, dia juga perokok adakah obat yg benar2 bisa menurunkan tekanan darahnya, apa penyakit ini akan trs selamanya diderita suami saya trm ksh

    jwb:
    Jenis gigi manusia menunjukkan kita perlu makan banyak sayur dan sedikit daging. Klo tdk mengubah pola makannya, tdk ada obat yg efektif untuk dia. Secara ilmiah umurnya akan relatif pendek.
    Meski Alloh SWT yg menentukan umur, tetapi kita boleh berupaya untuk memanjangkan atau memendekkannya. tks.

  9. heeri says:

    usia saya 39 tahun, saya suka olahraga, sewatu saya olahraga lari saya pusing kayak mau jatuh, kemudian saya langsung kedokter darah saya 170/80, kata dokter tinggi, kemudian saya diberi obat penurun tensi, setelah diminum darah saya langsung turun tekanannya, bahkan saya jadi lemes, perrtanyaan apakah obat penurun tensi harus dipakai sampai habis atau kalau sekali minum udah turun jangan dipakai lagi? trims sebelumnya.

    jwb:
    Kalau itu peristiwa pertama kali, sebaiknya tensi sering dikontrol. Jangan sampai terlalu rendah karena juga berbahaya.
    Lemes anda mungkin jantungnya tidak cocok dg obatnya. Pengurangan penggunaan obat konsul dokter.
    Kalau tensi anda hanya situasional, dan bukan penderita permanen, anda tidak harus minum terus. tks

  10. nur says:

    sy berumur 22 &bru th klu sy punya darah tinggi,wlu gak kget jg!soalx orang tua sy jg punya darah tinggi,mslhnya saya jd sering bgt pusing,emosian bgt.masalahnya selain darah tinggi kami jg punya sakit magh,mkanan apa y yg bs menurunkan darah tinggi&jg yg tdk membuat sakit magh saya kambuh?

    jwb:
    Sebaiknya anda ke Pennasia atau ke dokter. Jgn diatasi sendiri dulu.
    Meskipun banyak obat/ramuan bebas, demi kesehatan anda, perlu ke ahlinya dulu. tks.

  11. ribania says:

    sy berumur 36thn, penyakit saya yaitu setiap bangun pagi pasti ada lendir yang sy keluarkan dari tenggorkan saya, apalagi klo habis sikat gigi sy seakan akan mau munth, dan terasa ada slalu ada lendir ditenggorokan
    bgmn cara mengatasinya dok?

    jwb:
    Anda mempunyai masalah tenggorokan berlendir dan lambung yg over sensitif. Meskipun menghindari lemak dan makanan yg nudah bikin mual membantu, tetapi tidak bisa tuntas. Agar lebih pasti, anda sebaiknya mengikuti panduan cara menyembuhkan. tks.

  12. Lina S says:

    Sy berumur 30 thn. Menderita darah tinggi dan sedang minum obat dr dokter. Saya selama ini takut akan dampak negatif darah tinggi dan obat darah tinggi. Apa yang harus saya lakukan supaya sembuh dr darah tinggi dan tidak perlu minum obat lagi Pak? Thank u.

    jwb:
    Saran Pennasia sama dengan saran2 dari dokter. Ikuti saja.
    Pilihan lain, anda bisa minum air teh, daun salam, daun blimbing dll. Jangan pakai gula kalau untuk terapi.
    Kalau anda bs, lakukan terapi ke PENNASIA.

  13. katilempuk says:

    salam dokternya. saya dari malaysia.
    saya baru tahu. gigi manusia macam gigi lembu. sebab itulah kita tidak perlu mengkonsumi banyak daging. sebaliknya nasi dan sayur. terima kasih tuannya doktor.

    jwb:
    terimakasih kembali…

  14. erwin says:

    Sy 37 th, punya darah tinggi dan rutin kontrol ke dokter dan minum obat, olah raga ringan, menjaga makanan. permasalahannya saya selalu merasa gugup/stress jika diukur tensinya, terutama jika ke dokter atau ke klinik kesehatan dan hasilnya seringkali tinggi. Dirumah rutin ukur dg tensi digital dan seringkali pengukuran pertama tinggi (karena sy merasakan gugup dan detak jantung tinggi), kemudian jika saya ulangi berulang-ulang maka akan menurun dan normal (termasuk detak jantung), bgmana solusinya?terima kasih

    jwb:
    Jantungnya perlu kami terapi, agar tdk mudah gugup dan khawatir. tks.

  15. nurul says:

    saya mw tanya dok..kan ibu saya mengalami hypertensi dan magh..cara mengatasi hypertensi dan magh trsbt..menurut dokter…mna dlu yg harus diatasi terlebih dahulu????mksh sblm.nya dok..

    jwb:
    Sebaiknya maagnya dulu krn bs lebih cepat, dan bs mempengaruhi hipertensinya.
    Silakan dtg untuk terapi or belajar. tks.

  16. yudhi says:

    anak saya berumur 4 tahun berapa sebaiknya tensi normalnya ? karena dia pernah menderita nefrotik sindrom. Trims

    jwb:
    Tensi anak biasanya lebih rendah dibandingkan setelah dewasa. Bagi penderita sakit ginjal, umumnya tekanan darah meningkat. Untuk anak anda mungkin sekitar 95/70. Lebih tepat kalau anda kunjungi dr anak anda. Anda boleh belajar Pennasia untuk merawat anak anda. tks.

  17. Aef says:

    Sakit tetepokan (tulang bokong) apakah ada kaitannya dgn hipertensi?

    jwb:
    Secara langsung, tidak. Tetapi umumnya sakit dan nyeri dapat menaikkan tekanan darah yg tdk permanen. tks.

  18. Toni says:

    Dok tahun ini usia saya 28thn,hari ini tensi saya dicek dan hasilnya 150/90. Apakah saya menderita hypertensi?saya dikasih obat penurun tensi namanya obatnya captopril 25mg. Kondisi saya seorang perokok. Thx

    jwb:
    Kalau hanya itu datanya, anda memang drh tinggi.
    Tetapi kalau anda menderita sakit lain spt nyeri/skt gigi dsb, maka tekanan yg tinggi bs krn faktor penderitaan dan bukan asli drh tinggi. tks.

  19. rischa says:

    Dok, mama saya umur 45thn… Kmrn tekanan darah sampai 170… Terakhir perikasa 150/90… Dan pipi nya bs bergerak” sendiri… Obat nya apa yah?? Dan ada pantangan mknan? Kl ada apa saja yah? Tq

    jwb:
    Biasanya Pennasia bisa menyembuhkan sakit seperti itu (saraf pd wajah).
    Hindari mak/min/udara dingin. Sy bukan dokter. tq

    • pepy says:

      siag,,, ibu saya umurnya 53thn. kemarin badannya lemah dan merasa pusing, begitu di tensi darahnya ternyata 150/100,, tekanan darah yang seperti itu dapat menimbulkan penyakit apa dan bagaimana cara mengatasinya,makasih.

      jwb:
      Ibu anda menderita darah tinggi. Namun demikian, tekanan 150/100 tdk membuat badan lemah. Badan lemah bs krn jantung lemah atau skt liver. Silakan baca artikel2 kami dan Si La Ra di hlmn dpn. Percayalah dg sinyal tubuh ibu anda. tq.

  20. Hadipur says:

    Dok, umur saya 53, lelaki, tinggi 166, BB 63. Tiga bulan lalu ada nyeri bagian lutut dan sikut kiri. Chek darah tdk normal pada asam urat 7,2 trigleserid 180. Setelah diberi obat dokter trigliserid turun menjadi 135, tetapi tetap nyeri. setelah dipriksa dokter syaraf divonis pengapuran, sekarang dalam pengobatan telah 10 hari tetapi masih nyeri walo sudah agak kurang. Sekarang ini saya batuk flu tekanan darah bawah 90 atas 110, biasanya 80 110. Apa yang harus saya lakukan selain minum obat, dok? Berbahayakaan tekanan darah bawah 90?

    jwb:
    Kasus lutut dan siku dpt disembuhkan di Pennasia dg cpt.
    Hindari ketergantungan obat, tetapi kalau sekedarnya saja gak apa2.
    Tekanan 90 perlu diwaspadai, tetapi jangan berlebihan. tks.

  21. pius says:

    Umur saya 20, sudah 2x periksa tensi hasilnya tinggi (160). Dan saya sering sekali pergi ke gym untuk olahraga dan pembentukan tubuh, seperti angkat beban dll. Apakah baik bagi penderita hipertensi untuk olahraga semacam itu?

    jwb:
    Kurang bagus. Lebih cocok renang, Yoga , dan sejenisnya yg sifatnya lebih rileks. tks.

  22. frengki says:

    klo minum obat tensi apa memang harus pagi hari? boleh tidak minumnya siang hari?

    jwb:
    Sesuai petunjuk dokter. tks.

  23. ahmad says:

    dok, nama saya ahmad..umur 23 th…biasanya tensi saya 125/80..dan 135/90 itu kepala belakang pusing dan bahu atas seperti kaku, tpi hr ini bahu kiri n leher sblh kiri otot saya kaku..n nyeri..sprtinya..efek dr slh tidur..n kbtln skrng sy jjg lg sakit maag… kemudian sy k apotik untk bli obt maag n iseng iseng untuk cek tensi..n hasilny mengejutkan 147/98.. tpi anehny sy tidak pusing sm sekali
    .cuman bahu kiri n leher kiri nyeri n kaku..akbt slh posisi tdur td mlm..mohon jwbnny dok.

    jwb:
    Nyeri bs menaikkan tensi. Bila nyeri hilang tensi bs agak turun. Sebaiknya datang aja spy lbh pasti. tks.

  24. yakub says:

    Saya yakub, umur saya 22thn, saya skit darah tinggi,kmrn sy tensi pagi2 darah saya 140/100,,tp siangnya sy tensi 143/88. .saya udah minum seledri, semangka, timun, minum obat drh tinggi merk lovask 5mg tp koq ga turun2 ya?

    jwb:
    Bahan alam memang cocok2an. Silakan ke Pennasia, untuk lebih baiknya.tq.

  25. ramto says:

    saya ramto umur 18 th. Kemaren kepala saya pusing trus demam, pas di tensi ternyata 140,, apakah saya kena darah tinggi atau hanya kecapean?
    Ini baru pertama kalinya..
    Kalo tensinya nyampe 140 walopun baru sekali apakah itu dnyatakan kena darah tinggi? Apakah bisa disembuhkan?

    jwb:
    Tensi saat menderita sesuatu tdk bs untuk menghakimi.
    Kalau anda tdk sdg menderita, barulah obyektif menentukan drh tggi or tdk. tq.

  26. Ega says:

    Gini dok,saya sering mengalami tensi sering naik turun,kepala berdenyut. apa solusinya Dok?

    jwb:
    Silakan ke Pennasia terdekat unt terapi. Mungkin bukan drh tinggi permanen. tq.

  27. alfian says:

    usia sy 30th BB 100kg TB 170 cm…..3bln yg lalu kena maagh dan nyeri pada pergelangan kaki samp tknan drh atas 70mmhg samp pingsan.stlh 4hr opname tknan darah saya justru naik.samp sbulan trakhir ni stabil di angka 150/100…..sdh dikash captopril kemudian cardivask tp tkanan msh sama.gmn solusinya????

    jwb:
    Silakan dtg, anda perlu wawancara lbh detail. Tekanan drh bs naik krn nyeri dan penderitaan lain. Blm tentu drh tinggi murni. tq.

  28. aldi darmawan says:

    dokter, saya 43 tahun, baru 2 bulan belakangan ini memasuki tekanan darah 130-90, biasanya dulu2 cuma 120-80. saya suka cemasan (anxiety) karena stress dan banyak pikiran. yg saya kuatir cemasan dan stress ini yg bikin detak jantung dan tekanan darah saya naik.. demikian juga bila tensi belakangan ini tergantung tingkat kecemasan saya. saya dikasih obat bisoprolol 2.5mg (diminum pagi dan sore, tapi hanya setengah). ratio kolesterol masih baik <5 tapi ldl memang masih 120-130.

    pertanyaan saya:
    - apa hubungan detak jantung dengan tekanan darah? dokter saya sedang berusaha menurunkan detak jantung dengan obat bisoprolol ini, agar tekanan darah juga ikut turun
    - bagaimana mengendalikan kecemasan khususnya karena memikirkan bahaya dari penyakit darah tinggi ini. ada saran psikiater untuk pasien yang cemas /anxiety berlebihan.
    terimakasih.

    jwb:
    Tekanan naik bs krn (1)gangguan tekanan, tp bs jg krn (2)memenuhi permintaan suplai darah pd bgn tertentu krn suatu sebab.
    Kalau kasus kedua yg terjadi, maka penurunan detak jantung atau upaya paksa yg tdk alami bisa berakibat tidak baik pada jantung dan menjadi ‘lingkaran setan’ (maaf).
    Cara Pennasia mencari bagian yg bermasalah dan upaya yg lbh alami. tq

  29. andri says:

    saya masi berumur 17 tahun telah mngidap peyakit darah tinggi
    apa saya bisa sembuh dari peyakit yg saya derita.

    jwb:
    Mestinya bs. Toh anda msh sgt muda. Pilihlah makanan sehat dan gaya hidup yg sehat pula. Silakan terapi penyembuhan ke Pennasia terdekat. Slmt berjuang.

  30. Sugeng Suhantono says:

    Saya Sugeng Suhantono, tinggal di Jakarta.
    Kalau saya ingin konsultasi ke Pennasia apakah harus yang di Surabaya atau bisa yang di Sawangan Depok seperti yang tertulis di Website Pennasia?
    Terima kasih. salam.

    jwb:
    Salam kembali. Langsung ke Pennasia terdekat. tks.

  31. Wahyu P says:

    Pak Azis, saya berumur 52 th penderita darah tinggi lebih dari 6 tahun, sdh pernah kena stroke 2 kali, tensi sampai 240/130 saat stroke, alhamdulillah bisa sembuh normal, tapi diharuskan makan obat penurun tekanan darah tinggi setiap hari seumur hidup, kalau tidak tensi akan naik. dengan obat tsb tensi saya 130/90. Mungkinkah saya bisa tidak ketergantungan dengan obat darah tinggi tsb dan tekanan darah bisa normal.
    Mohon solusi dari bapak bagaimana sebaiknya dan terima kasih sebelumnya

    jwb:
    Penyembuhan Pennasia bisa untuk mencegah stroke atau pengulangannya.
    Namun demikian, setelah tensi membaik, tetap harus menjaga faktor makanan.
    Meskipun ada yg sembuh total, tetapi penderita darah tinggi kita sarankan sedia obat bila
    sewaktu2 naik. tks.

  32. Veronika says:

    Dokter, saya mau bertanya:
    Selama ini saya tidak pernah alami hipertensi tekanan darah 90/60
    tetapi skrg saat saya merasakan sakit kepala sebelah kiri dan sakitnya hebat sekali, ternyata tensi saya 150/90. dokter memberi saya captopril 25mg..
    apakah Pil Kb yg biasa saya konsumsi dpt membuat hipertensi ???

    jwb:
    Tekanan darah tinggi mendadak bisa terjadi krn infeksi atau sebab lain. Dan belum berarti anda menderita darah tinggi. Sering2 kontrol tekanan darah anda spy tdk terlalu rendah krn obat tsb.
    Silakan konsul dg dokter yg memberi pil kb anda atau dtg ke Pennasia unt wawancara lbh lanjut. tq

  33. Eko Rudianto says:

    dok,tdi sya ke rumah sakit, mag saya kambuh,radang tenggorokan juga sma flu. sya sempet kaget di kasi tau tensi sya samapa 170/110 usia sya 18 thn. apa itu membahayakan sya ? terima kasih.

    jwb:
    Maag, rdg tenggorokan dan flu biasanya sembuh dg 3-7 kali terapi.
    DArah tinggi anda mungkin hanya sesaat dan tidak permanen, seperti bu dokter yg sy rwt bbrp hari yg lalu. tq

  34. edy jantok says:

    Malam.dok biasanya tekanan darah saya 140/90 sejak.saya pindah kerja ke tambang bayubara saya kaget tekanan darah saya jd 200 lbh hingga alat ukur di ktt saya yg.digital sampe.error tdk dpt menunjukan yg tepat. Saya mmg stress dg pekerjaan br saya. Apa itu penyebanmya. Dan apa yg saya lalukan dg pekerjaan saua hinhga tdk membahayakam kesehatam saya. Saya takut sampai.kema stroke dok. Masalahnya sy jauj dr keluarga. Trom.atas jwbnya

    jwb:
    Stress bs menjadi salah satu penyebab. Kerja keras, dan ketegangan bs jg menyebabkan pundak dan leher menjadi kaku, yg mengakibatkan tekanan darah naik juga.
    Hubungi dokter or Pennasia terdekat. tq

  35. Franklin says:

    Slmat siang dok, usia sya 42 th, selama ini sya tdk pernah mengalami tekanan darah tinggi, krn sya rutin cek tensi darah, mmg kadang2 pernah smp 150/98, tpi tdk terus menerus spt itu, kadang2 juga normal 120/88, tapi selama beberapa hari ini sya menderita sakit gigi, yg rasanya nyeri skali, stelah periksa gigi sya dibri obat oleh dokter, obat pengurang rasa sakit utk sya minum slm bbrp hari, dan stelah rasa sakitnya hilang sya dminta kmbali ke dokter utk cabut gigi, tpi setelah sya kembali seminggu kmudian utk cabut gigi, tensi darah sya naik 140/100, shingga dokter tdk brani mencabut gigi sya. Pertanyaan sya dok, apakah sya mmg mengidap hipertensi atau cuma krn sakit gigi saja tekanan darah sya naik atau krn konsumsi obat sakit gigi? dmikian dok, trimakasih sblumnya utk pencerahannya.

    jwb:
    Mengacu pd info anda, mk darah tinggi anda tdk permanen, dan hanya karena penderitaan/nyeri. Biasanya normal kembali stlh cabut gigi. Bila msh bs ditolong sebaiknya ke Pennasia tanpa cabut gigi. tq

  36. arip says:

    pak dokter mau tanya, kalo kondisi sedang lapar apakah tensi darah bisa naik pak (darah tinggi)?

    jwb:
    Bs naik dan bs turun tergantung karakter masing2 org, tp biasanya tdk permanen. tq

  37. Nina says:

    Dok sy baru berusia 18 thun tpi sy sdh punya darah tinggi,,sy sudh 2 kliberorbat sya menderita lambung,batuk,flu dan disertai drah tinggi skitar 170/110,,sy dirwt di RS nmun drah sy ktika ditensi tdk stabil slalu turun naik.apakah penyakit darah tinggi sy bisa sembuh dan bisa hilang..

    jwb:
    Kemungkinan drg tggi anda hanya krn penderitaan dan bkn asli/permanen. Silakan dtg saja unt wawancara lbh detail. tq

  38. tika says:

    Dok, ada orang yg tensiy it 150/90 bisa dkatakn hipertensi yg berat apa blum?. dari dia mengkonsumsi makanan it bsa dkatakn tdk sehat kaya makan mie instan trlalu sering n dia jga perokok wlopun blum bsa dkatakn prokok berat. it gmna cara ngatasi.e dok?

    jwb:
    Hipertensi tp blm brt. Mengatasinya dg mengubah cara berfikirnya, dg memberi masukan yg sesuai dg cara berfikirnya. Tq.

  39. endah septiningsih says:

    pak saya lama menderita asam lambung sudah * tahun dan tiap hari selalu pusing tapi kenapa 1 tahun ini selalu tensi tinggi padahal saya sudah pantang makan aneh aneh, apakah asam lambung tinggi mempengaruhi tensi, apakah kalau berobat ke penasia bisa diketahui penyakitnya tks.

    jwb:
    Penderitaan, termasuk nyeri dan sejenisnya bs menaikkan tekanan drh.
    Penyakit lbh baik disembuhkan, bukan hanya berpantang mbak Septi.
    Biasanya Pennasia bs mengatasi keluhan2 anda. Tq

  40. arsyiah harris says:

    saya 33th, ibu 3 balita dan kerja diperbankan.
    Minggu lalu saya diopname karena merasa pusing, bahu kaku, telinga aga berdenging dan sedikit muntah.
    Tensi saat itu 150/100 sedangkan di 3 kehamilan saya tdk pernah lebih dr 130/90.
    Slama bbrp hari tensi saya berkisar di 130/105-130/90.
    Periksa darah, kolesterol saya 212, berat badan 72kg dg tinggi, 162 cm.
    Apa saya penderita hipertensi atau tensi tinggi saya hanya bersifat sementara??
    Sejak keluar hingga saat ini tensi saya stabil di 120/90 krn saya konsumsi obat penurun tensi+konsumsi belimbing+timun. Trims u infonya

    jwb:
    Sptnya itu hanya kenaikan tensi sesaat. Konsumsi belimbing dan timun juga bagus. Bila tdk ingin ketergantungan obat, silakan ke Pennasia. Smg kami bs membantu. tq

  41. fuad says:

    Sebelum nya tensi saya normal sekitar 120 tapi semenjak saya sering sesak nafas tensi saya langsung tinggi sampe 150/100 apa itu normal ya pak? Kata dokter saya sesak karna maag bukan karna asma karna suara saat nafasnya masih normal

    jwb:
    Sesak nafas itu bisa asma kalau pemicunya alergi atau cuaca/dingin.
    Sesak bisa krn skt jantung kalau pemicunya aktifitas fisik. Silakan baca artikel saya yg lain.
    Semoga tensi anda hanya karena pengaruh sesaat dan bukan asli drh tinggi. tq

  42. sotejo says:

    slm pk dkter. Sya pnya pman yg mdrta tkanan drh tinggi mencpai 190, kondsi paman ku sekarang matanya mlotat sbelah dan bi2rnya serong agak kekiri. Dia udh ke dokter priksa udh 3kli tpi blum ada perubahanya .apakah pnyakit pman ku dh parah dok? Thank’s

    jwb:
    Spt sdh kena stroke meskipun ringan. Sgr hub dokter terdekat spy tdk mkn parah. tq

  43. lina says:

    dear bpk/ibu dokter,

    saya wanita belum menikah umur 23th. suatu hari amandel sy kambuh dok. kemudian sy minum vit C (tanpa anjuran dokter) tapi ternyata malah ulu hati sy sakit sekali sampe sebadan lemas dan sperti kesemutan gtu, badan jg demam menggigil. sy periksa ke dr umum dikasih obat maag dan penurun panas. esoknya panasnya sudah reda tp malah pusing nyut2an. bahkan utk jalan sj tidak kuat. kmudian sy periksa ke RS, waktu di tensi, tkanan darah saya 150/100. namun tidak dberi obat utk itu, hanya disuruh tensi lg besok apkah masi tinggi ato tdk. sbelumnya sy jg pernah 1x tknan darah 140/90 waktu amandel kambuh jg. yg ingin sy tanyakan, apakah sy kmungkina akan terserang hipertensi dkmudian hari? mengingat usia sy jg masih muda. utk riwayat kluarga tdk ada yg mngidap hiper.
    terimakasih atas jawabannya

    jwb:
    Hipertensi bs jenis sesaat karena faktor nyeri or penderitaan. Namun demikian, bila sering terjadi bs menjadi hipertensi sungguhan. Lebih baik dijaga secra rutin dan telaten.
    Silakan dtg unt wawancara lbh detail. Tq

  44. widha wisesa says:

    Dok, mama saya berusia 43 tahun, Kemarin darah’nya 240/140,
    Tpi aneh’nya dia tidak pusing, tidak mual, Tetep sehat2x saja
    Tpi mata’nya terus ngeluarin air mata. Itu disebabkan oleh apa dok?

    jwb:
    Itu bukan sehat2 saja, tp blm klimaks (tp sdh sangat berbahaya). Sebaiknya sgr ke RS. Bila disuruh opname, ikuti saja.
    Air mata yg keluar itu akibat tekanan yg sangat tinggi. tq

  45. rangga says:

    dok saya baru 18 tahun bb 61 tb 168
    kemarin waktu tes kesehatan buat syarar perguruan tinngi ko tensi saya 190/150 dok apa bahaya trus solusinys gimana trimakasih..

    jwb:
    Kalau itu tensi sesungguhnya, maka memang berbahaya. Sebaiknya sgr hub dokter. Buah mentimun bs menurunkan tensi juga. Silakan pilih. tq

  46. fazri says:

    dok saya berumur 24 tahun sudah 1 bulan ini saya sering menderita hipertensi ..
    pertama saya periksa , 140/80 ke dua normal 120/80, trus naik lagi ke 140/80 , 5 hari yang lalu saya periksa lagi dan hasilnya normal 120/80, tapi pas hari ini saya cek lagi ke dkter yang sama, tensi saya naik lagi ke 130/85… saya mempunyai asam lambung …
    apa ini efek dari asam lambung??
    obat herbal apa saja ya doc yang bagus untuk ke duanya.terimakasih.

    jwb:
    Kemungkinan besasr itu karena pengaruh nyeri/asam lambung anda dan bukan hipertensi sesungguhnya. Ketele rambat (jw: telo) baik untuk lambung. tq

  47. fazri says:

    owh gth ya dok..
    tapi kenapa ya leher dan pundak saya sering terasa kaku ??
    kadang” mual.. mohon di jawab..
    terimakasih

  48. astuti says:

    saya sedang hamil dan umur kehamilan saya sdh memasuki 9 bulan,kmrn sya cek kehamilan rutin dan ketika d tensi darah sya 150/100 apakah termasuk hipertensi dam bgmna cara mengatasinya…trims.

    jwb:
    Tekanan darah anda sdh termasuk darah tinggi. Lakukan perawatan intensif ke Pennasia or ke dokter untuk menghindari caesar dan demi kepentingan bayi anda. tq

  49. ale ndruwes says:

    dok, usia saya 21, tensi saya 150/100 dok, tp sya tdak mrasakan pusing atau apa,,
    apa yang harus saya lakukan biar tensi sy normal lg dok.. thanks

    jwb:
    Perbaiki pola makan. Kurangi garam2 dan makanan berkolesterol.
    Lebih pasti bila anda datang terapi. tq

  50. stev heri says:

    dok ,saya punya riwayat punya penyakit ”gangguan cemas organik” tapi sudah membaik,tekanan darah sering naik, 140/100- 130/90 -120/80 -110/00 pernah 160/80 waktu tes treetmill 170/90 sekarang yang sering 140/100 – 120/00,diagnosa dokter fiskiater sekarang ”vertigo” , dan keluhan telinga berdenging terus-menerus,
    pertanyaan: apakah dari ket diatas saya dinyatakan hipertensi? trim

    jwb:
    Memang arahnya ke darah tinggi. Gangguan saraf telingan bisa vertigo, atau saraf telinga saja (blm tentu vertigo). tq

  51. iwan says:

    dok, mengkonsumsi obat hipertensi apa ada efek sampingnya? thanks

    jwb:
    Tentu ada, meski ringan dan bervariasi. Ada yg pendengarannya berkurang secara bertahap. Lebih baik anda tentukan nama obatnya, lalu anda cari efek sampingnya di google. tq

  52. mas im says:

    malam dok, mau tanya apakah tekanan darah diastolik itu menunjukkan kesehatan jantung seseorang.thank’s

    jwb:
    Biasanya begitu. Menunjukkan kemampuan/tekanan/ daya pompa jantung. tq

  53. aini says:

    Salam.. saya dari malaysia. Tekanan normal darah saya selalunya d bawah 120/80. Namun jika saya cemas tekanan darah saya akan menjadi 138/99. Namun selepas satu minit saya ambil tekanan semula.. tekanan turun ke normal. Adakah saya penderita darah tinggi dan perlu makan ubat. Saya sangat runsing sehingga darah tutun naik. Namun darah hanya akan naik setinggi itu sahaja.

    jwb:
    Itu bukan darah tinggi, dan tidak perlu makan obat. Penderita Darah tinggi biasanya permanen. Belajarlah mengontrol emosi. tq

  54. Desy handayani says:

    Malam dok..saya penderita hipertensi sdh krg lebih 5 bln ini minum obat rutin hipertensi usia saya 32thn,tp kdg2 tekanan saya masih bisa naik 160/100 dan perasaan dingin jantung berdebar2..
    Bagaimana terapi di pannasia utk menyembuhkan hipertensi…

    jwb:
    Biasanya hipertensi disembuhkan dg terapi di kepala. Namun akan dicari juga penyebab dan faktor yg lain. Silakan dtg. tq

  55. Dakukuc says:

    Sy menderita tekanan darah tinggi sejak usia muda (usia 15/16 saat ditemukan), saat ini sudah 20tahun lewat tekanan darh sy rata” 210/110. Syngnya sy merasa normal, tak terganggu. Bagai mana dgn keadaan ini, ya, dok? Usia sy sekarang 36.

    jwb:
    Seringlah terapi ke Pennasia. Miliki alat tensi sendiri unt sll kontrol diri. tq

  56. ulvha hidayati aulia says:

    umur saya baru 19 tahun .tapi tensi saya 170 .dan saya juga kalau ada masalah langsung terbaring lemas .bagaimana cara mengatasinya ? apaa ini udah penyakit bawaan ?

    jwb:
    Silakan ke dokter terdekat, agar sgr tereteksi lbh tepat. tq

  57. Agus says:

    Dok. Saya berumur 24 tahun.
    Suatu hari saya tiba2 merasa lemas padahal sblumnya saya tidak apa2.
    Setelah saya cek ke dokter, tensi saya diukur sebesar 150. Kata dokter ada masalah pada pencernaan. Dan keadaan lemas itu karena glukosa menurun. Apakah saya darah tinggi? Saya memang banyak pikiran akhir2 ini. Dan saya suka tidur malam sekali Diatas jam 12. Apakah itu pemicunya dok?

    jwb:
    Kemungkinan liver anda kelelahan. Perlu banyak istrht dan ke Pennasia. tq

  58. Toroshi says:

    sudah 3 hari kemarin tensi saya 150/100… tapi saya tidak merasakan imbas apapun (tidak sakit atau pusing, atau lelah) mungkin hanya stress saja,, nah yg mau saya tanyakan apakah minuman beralkohol itu bisa mengakibatkan tensi tinggi?
    terima kasih

    jwb:
    Memang daya tahan tiap orang bisa berbeda. Alkohol tidak secara langsung berpengaruh ke darah tinggi, kalau toh naik sebentar tp akan sgr turun.
    Tetapi yg tdk kalah bahaya justru ke liver. tq

  59. deni says:

    berat badan saya 67 kg tinnggi badan 171 cm, tekanan darah saya kadang 140/80 – 130/90 , trigeser saya 135 kolesterol saya 221 saya punyapenyakit asam urat 10, keluhan saya suka sakit dada ketekan kaya jantung diselimuti oleh angin terkadang setelah hilang dada saya masih ada sakit sampai beberapa hari, saya cek ke dokter internis saya punya penyakit otot, saya cobalagi takut itu penyakit jantung saya di EKG normal tapi disarankan treadmill, kira-kira saya punya penyakit apa dok?

    jwb:
    Yg jelas kolesterol, asam urat dll perlu diperbaiki. Jantung anda tidak sehat, meski dokter mengatakan anda tidak apa2. Krn sy sering mengatasi hal tsb dg terapi jantung dan sembuh. tq

  60. Yogi NK says:

    Izin bertanya dok, saya punya keluhan dengan TD saya pada saat cek tensi darah sebelum tes Kesegaran Jasmani, sebelum di cek TD saya normal-normal saja, tetapi setelah lengan saya dipasang Spignomanometer denyut nadi saya mendadak naik, padahal fikiran saya biasa-biasa saja, tidak ada beban sedikitpun, jadi orang Kes ragu-ragu ikut mengikutsertakan saya dalam tes Kesegaran Jasmani, apa nama penyakit itu dok? Cara menyembuhkannya bagaimana dan harus minum obat apa? Terima kasih.

    jwb:
    Mungkin tekanan naik karena takut, dan khawatir. atau mungkin jantung anda yg sensitif, shgg mudah naik saat sedikit khawatir. tq

  61. Frasha says:

    Dok, saya ingin tau apa yg terjadi jika tekanan darah bawah lebih tinggi dari batas normal. Sdgkan bacaan tekanan darah atas normal. Saat ini saya 21thn dan sudah 2x cek hasilnya selalu yg bawah tinggi. Mohon infonya. Trims

    jwb:
    Jantung bermasalah. Bs ringan or menengah. tq

  62. Ibu saya berumur 38 tahun , dia baru saja melahirkan secara operasi dan ada pendarahan dan menghabiskan 6 kantong darah. Namun setelah beberapa hari tensi nya naik menjadi 170 biasanya dia terkena darah renda namun tdk dg skrg.
    Sudah pergi ke dokter 2 kali namun tensi nya ttp 170 dan dokter memberi obt penurun tensi namun tesi nya msh ttp 170 dan skrg di bagian tengkuknya terasa sakit ttp tidak pusing.
    Menurut doc. Gmna tu menurunkan tensi nya?

    jwb:
    Lbh bgs klo ke Pennasia agar diwawancara lbh detail..tq

  63. Zul says:

    Misi ane mau nanya? Darah saya 140 sedangkan umur saya 16 tahun apakah baik untuk pertumbuhan saya?

    jwb:
    Yg baik, mulai mengendalikan emosi dan mengurangi garam dan daging kambing. tq

  64. zulfa says:

    salam, saya mau nnya. awalnya saya merasakan sakit kepala seperti migrain gitu disebelah kanan, mmg sya sering migrain. n akhirnya saya gk tahan dgn sakitnya n muntah, lalu saya mnum obat migrain. n mlm nya sakitnya belum juga ilang, agak aneh c, biasanya klo sya migrain n minum obat gk lama setelh minum obat skitnya hilang. akhirnya saya periksa tensi, alhasil tensi saya 158/100. setelah 2 minggu saya periksa lagi byk 2 x, hasil yg pertama 138/89 yg kedua 131/89. kq bisa beda gt hasilnya wlopun diperiksa dlm waktu yg sama dok.? apa saya termasuk hipertensi dok.?? tlh jwabannya dok. mksh byk.

    jwb:
    Tensi bisa naik krn kondisi penderitaan or ketika jantung anda memompa lbh cepat/lambat.
    Migrain anda perlu kami sembuhkan dulu, baru diperiksa kembali tensi anda. tq

  65. yusup says:

    Dok, umur saya 22 tahun,, ?a??? tanya td saya brobat karna pusing dan lemes pas di tensi darah 150/100 bulan kmaren darah saya normal,,saya jga sering begadang apakah darah tinggi
    Terimah kasih.

    jwb:
    Insy bukan drah tinggi, tp kondisi anda ngedrop krn sering begadang. tq

  66. irma lestianah says:

    dok kalo tensi 212 itu sudah melewati ambang batas yah.gimana solusinya dan cara menurunkan tensinya

    jwb:
    Itu sdh terlalu tinggi. Solusi bs ke Pennasia, dokter or herbal. tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>